Apa sih fungsi lumen pada proyektor

Baca Juga

Apa itu Lumen?

Lumen merupakan sebuah satuan penghitungan kekuatan cahaya (merupakan sebuah ukuran yang digunakan untuk menandai tingkat brightness atau kecerahan cahaya yang diproyeksikan), dimana 1 lumen sama dengan kekuatan cahaya yang dihasilkan dari sebuah lilin dan ditangkap pada jarak satu kaki (30.48 cm). Sebuah lampu pijar 100 watt memiliki kekuatan 1600 lumens, sementara sebuah proyektor presentasi rata-rata memiliki kekuatan 2000 lumens.

sebuah bola lampu 100 watt menghasilkan 1200 Lumens. Jadi semakin tinggi nilai Lumens, maka semakin nyata gambar yang dihasilkan dalam ukuran yang sama oleh sebuah proyektor. Ketika ukuran gambar diperbesar, Lumens yang ada akan disebarkan pada area yang lebih besar sehingga mengurangi tingkat kecerahan gambar.

lumen pada proyektor


Memilih lumen yang cocok

kekuatan lumens proyektor yang Anda pilih sesuai dengan ukurang ruangan yang juga akan berpengaruh kepada jumlah audiensnya. Jika audiensnya banyak dan ruangannya besar, carilah proyektor dengan kekuatan lumens tinggi (2500-5000). Namun jika audiensnya sedikit dan ruangannya juga kecil, maka proyektor dengan kekuatan lumens tingkat menengah (1000-2500) sudah cukup.

Watt adalah pengukuran daya konsumsi. Dengan sumber cahaya pijar tradisional biasanya lebih tinggi watt, cahayanya lebih terang. Dengan lampu hemat energi seperti LED ini agak berbeda, Misalnya satu merek 9 Watt lampu LED dapat memancarkan cukup Lumens untuk mengganti 60 Watt pijar tetapi merek lain mungkin perlu menggunakan LED kurang efisien, katakanlah 12 Watts layak untuk membuat cukup lumens untuk mengganti 60 Watt bohlam. Inilah sebabnya mengapa seperti yang kita sebutkan di atas, Lumens lebih penting dibandingkan Watts.

Lumens adalah ukuran total output cahaya atau dengan kata lain kecerahan bohlam. Lumens lebih tinggi berarti itu adalah cahaya yang lebih terang; sedikit lumens berarti itu adalah cahaya redup.

Kecerahan, atau tingkatan lumen dari lampu di rumah 

– Untuk mengganti lampu pijar 100 watt, gantilah bohlam LED yang memberikan sekitar 1600 lumens. Jika Anda ingin sesuatu yang redup, carilah lumens yang agak rendah; sebaliknya, jika anda perlu cahaya lebih terang, gantilah dengan lumens yang lebih tinggi.
– Untuk mengganti bohlam 75W dengan lampu LED yang memberikan sekitar 1100 lumens
– Untuk mengganti bohlam 60W dengan lampu LED yang memberikan sekitar 800 lumens
– Untuk mengganti bohlam 40W dengan lampu LED yang memberikan sekitar 450 lumens

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.