klasifikasi astronomi, Pluto Sebagai Planet Kerdil

satu tim ilmuwan yang berupaya mengembalikan status Pluto sebagai planet meluncurkan kampanye pada Selasa untuk memperluas klasifikasi astronomis yang menurunkan pangkatnya menjadi "planet kerdil" satu dekade lalu.

Enam ilmuwan dari berbagai lembaga di seluruh Amerika Serikat berpendapat bahwa Pluto layak mendapat status penuh sebagai planet bersama dengan 110 benda lain dalam tata surya, termasuk bulan Bumi.

Dalam makalah yang dipaparkan dalam konferensi ilmu planet internasional di Woodlands, Texas, para ilmuwan menjelaskan bahwa properti geologis, seperti bentuk dan fitur permukaan, semestinya menentukan apa yang disebut planet.

Pluto Sebagai Planet Kerdil


Pada 2006, International Astronomical Union (IAU), yang berjuang mencari cara mengklasifikasikan benda ber-es yang baru ditemukan melampaui Pluto, mengadopsi satu definisi untuk satu planet berdasarkan karakteristik yang meliputi kebersihan jalur orbitnya dari objek lain.

Pluto dan saudara barunya di Sabuk Kuiper dalam tata surya diklasifikasikan sebagai planet kerdil, bersama dengan Ceres, objek terbesar dalam sabuk asteroid antara Mars dan Yupiter. Keputusan itu menyisakan delapan planet dalam tata surya.

Namun definisi ini meminggirkan kepentingan riset dari kebanyakan ilmuwan planet, kata penulis utama makalah itu, Kirby Runyon, kandidat doktor di Johns Hopkins University.

Runyon mengatakan dia dan ilmuwan planet lain lebih tertarik pada karakteristik fisik planet, seperti bentuknya dan apakah dia memiliki pegunungan, samudra dan atmosfer.

"Kalau kau tertarik pada properti intrinsik aktual satu dunia, maka definisi IAU tak berguna," katanya lewat telepon.

Runyon dan koleganya berpendapat bahwa IAU tidak punya kewenangan untuk menetapkan definisi planet.

"Ada momen untuk mengajarkan ke publik dalam hal literasi ilmiah dan dalam hal bagaimana ilmuwan melakukan kegiatan ilmiah," kata Runyon sebagaimana dikutip kantor berita Reuters.

"Dan itu bukan dengan kata-kata, 'Mari sepakat dalam satu hal'. Bahwa itu sama sekali bukan sains."

Kelompok Runyon menganjurkan sistem sub-klasifikasi, serupa dengan metode hierarki biologi. Pendekatan ini akan mengkategorikan bulan Bumi sebagai satu tipe planet.

Ide itu membikin jengkel astronom Mike Brown dari California Institute of Technology, yang menemukan objek Sabuk Kuiper yang mengeluarkan Pluto dari klub planet.

"Butuh penutup mata agar tidak melihat ke tata surya dan melihat perbedaan besar antara delapan planet dalam orbit sirkular megah mereka dan jutaan benda-benda sangat kecil yang melayang ke dalam dan keluar planet-planet dan terlempar di sekitar mereka," tulis dia dalam surel.

$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide

Nama

adsense,12,android,12,asal usul,24,cara mudah,28,dokumen-online,2,fenomena,20,hardware,3,Inspiratif,13,internet,3,kesehatan,1,optimasi-seo,9,paket-internet,4,pengetahuan umum,14,sebab-akibat,18,serba-serbi,66,smartphone,13,Template,1,tutorial blogger,12,video,1,windows,8,Zenfone,4,
ltr
item
Cari Tau Sesuatu: klasifikasi astronomi, Pluto Sebagai Planet Kerdil
klasifikasi astronomi, Pluto Sebagai Planet Kerdil
Ilmuwan klarifikasi Pluto dan saudara barunya di Sabuk Kuiper dalam tata surya sebagai planet kerdil
https://3.bp.blogspot.com/-br7MVNAOViM/WNJ0E3RVaAI/AAAAAAAADZg/ZCdRKtQd8hg0_v7FTdBZQ734KnwgF9GJgCLcB/s400/Pluto%2BSebagai%2BPlanet%2BKerdil.PNG
https://3.bp.blogspot.com/-br7MVNAOViM/WNJ0E3RVaAI/AAAAAAAADZg/ZCdRKtQd8hg0_v7FTdBZQ734KnwgF9GJgCLcB/s72-c/Pluto%2BSebagai%2BPlanet%2BKerdil.PNG
Cari Tau Sesuatu
https://www.kalautau.com/2017/03/klasifikasi-pluto-sebagai-planet-kerdil.html
https://www.kalautau.com/
https://www.kalautau.com/
https://www.kalautau.com/2017/03/klasifikasi-pluto-sebagai-planet-kerdil.html
true
4562393370500858218
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy