Mengenal macam Hepatitis dan cara pencegahannya

Baca Juga

Hepatitis adalah peradangan pada hati karena toxin, seperti kimia atau obat ataupun agen penyebab infeksi. Penyebabnya adalah Virus Hepatitis A, B, C, D, atau E. Virus Hepatitis A biasanya menyebabkan hepatitis akut, sementara Virus Hepatitis B dan C menyebabkan hepatitis kronis menahun. seseorang menderita penyakit hepatitis, virus dapat ditransferkan pada orang yang sehat dengan kekebalan tubuh yang lemah.

Macam macam jenis hepatitis yang sering dijumpai


hepatitis

hepatitis A

biasanya tersebar melalui vecal oral, hal ini dkarenakan buruknya tingkat kebersihan. Biasanya virus ini disebarkan melalui air dan makanan. hepatitis A ini bukan jenis hepatitis yang berat. Meskipun demikian, hepatitis A tetap tidak boleh diremehkan atau diabaikan karena hepatitis ringan pun jika tidak langsung diatasi akan menjadi hepatitis yang berat bahkan dapat menyebabkan kematian

hepatitis B

hepatitis jenis ini lebih sulit cara penularannya karena virus ini ditularkan melalui darah atau produk darah. Virus ini bisa menular melalui pemakaian obat yang menggunakan jarum suntik secara bersamaan atau hubungan intim baik heteroseksual ataupun homoseksual. Virus ini jika terjankit pada ibu hamil bisa menular pada bayi selama proses persalinan.  hati tidak lagi dapat berfungsi dengan normal sehingga jika tidak dilakukan pengobatan yang benar dan tepat, penderita penyakit ini dapat kehilangan nyawa

hepatitis C

80 % kasus hepatitis ini ditularkan oleh transpusi darah, jenis hepatitis ini sering ditularkan melalui pemakaian jarum suntik secara bersamaan dan bukan karena hubungan intim. Hepatitis C ini merupakan jenis hepatitis yang tidak menunjukan gejala sedikitpun ketika seorang telah tertular, namun mereka akan meraskan sakitnya ketika umur penyakit telah berumur 10-15 tahun lamnya. Virus ini dapat ditularkan kepada manusia melalui transfusi darah, jarum suntik, obat-obatan terlarang, hubungan intim, menggunakan pisau cukur bersamaan, sikat gigi bersamaan, dan juga gunting kuku.

Mengenal gejala umum terkena hepatitis

Mudah merasa lelah

Hal ini disebabkan penderita hepatitis akan lebih sering merasakan nyeri pada hati sehingga pikiran dan tenaga habis untuk menahan rasa sakit tersebut. Bagi penderita penyakit hepatitis, lebih baik menggunakan waktunya untuk beristirahat.


Sering merasa mual

Mual tentu akan dirasakan oleh penderita hepatitis, karena hepatitis sendiri terjadi di area sekitar perut, apalagi hati berhubungan dengan organ-organ pencernaan lainnya. Jika hati seseorang sakit, maka secara tidak langsung tubuh akan meresponkan kepada lambung dan lambung akan memberikan respon berupa rasa mual.

Sering tidur

penderita hepatitis menjadi mudah tidur sebagai salah salah satu efek yang terjadi untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan akibat kondisi tubuh pada orang yang menderita hepatitis mengalami penurunan sehiggga sangat mudah merasa lelah dan selalu ingin tidur dan tidur lagi.

Kulit terlihat kuning

warna yang kekuning-kuningan yang terlihat pada kulit. Hal ini terjadi karena fungsi hati tidak dapat berjalan dengan normal. Sebagaimana diketahui bahwa hati berfungsi untuk menyaring racun, jika fungsi pengeluaran tidak dapat berjalan dengan baik, maka pengeluaran pada tubuh pasti juga akan buruk hasilnya.

Urine/air kencing berwarna gelap

Hati berfungsi untuk menetralkan racun dan membantu untuk membuang zat bilirubin yang akan menghasilkan urine yang baik. Ketika hati tidak dapat berfungsi dengan normal mengakibatkan urine akan berwarna lebih gelap karena racun dan zat-zat lain yang bermanfaat semuanya keluar menjadi satu tanpa penyaringan sedikitpun.

perut bagian atas semakin membesar

jika hati tidak dapat berfungsi normal akan membuat berbagai masalah pada tubuh terutama pada bagian perut karena hati berada di daerah perut. Pada bagian perut terutama bagian atas akan mengalami pembengkakan dan menjadi lebih besar. Jika hal ini terjadi pasti perut akan lebih sering merasakan nyeri.

Kuku berwarna kunig

Seperti halnya pada kulit, kuku juga sedikit berubah menjadi berwarna kuning. Hal ini terjadi disebabkan virus hepatitis dapat terjadi akibat dari penggunaaan gunting kuku bersamaan. Dimana virus hepatitis menyebar juga di bagian kuku orang yang awalnya dalam kondisi sehat setelah menggunakan gunting kuku yang sama dengan yang digunakan oleh penderita hepatitis sakit atau virus hepatitis itu, baik virus hepatitis A, virus hepatitis B, maupun  viru hepatitis C.


Mata menjadi kuning

hal ini menandakan bahwa adanya zat racun yang menyebar ke seluruh tubuh sehingga warna putih pada mata berubah menjadi kekuning-kungingan.

Kaki membengkak

Salah satu dari fungsi hati adalah menyimpan glikogen yaitu gula pada otot, jika glikogen tidak tersimpan dengan baik maka otot-otot pada bagian tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga penderita hepatitis akan lebih mudah merasakan sakit dan nyeri pada bagian otot. karena kaki merupakan salah satu anggota tubuh yang banyak digunakan dalam beraktivitas seperti berjalan, berlari, dan lain sebagainya.

Pencegahan agar tidak tertular hepatitis

  • Menghindari kontak seksual atau hubungan badan dengan penderita hepatitis B, termasuk dalam hal kontak dengan cairan tubuh seperti ludah dan juga sperma
  • Menghindari pemakaian alat suntik yang tidak steril (dalam dunia sekeshatan harus menggunakan alat suntil sekali pakai), alat tatto, alat tindik, pemakaian narkoba yang menggunakan jenis alat suntuk sebagai media, berganti-ganti pasangan.
  • Pada ibu hamil untuk mengadakan skrining pada awal kehamilan serta setelah memasuki trimester ke III kehamilan
pemberian vaksin adalah langkah yang tepat. Dimana pemberian vaksin tersebut sangat dianjurkan untuk :
  • Bayi yang baru saja dilahirkan
  • Anak-anak maupun remaja yang belum mendapatkan vaksin setelah mereka dilahirkan
  • Mereka yang memiliki infeksi penyakit seksual yang menular seperti HIV AIDS
  • Petugas kesehatan yang sering melakukan kontak dengan darah
  • Seorang homoseksual
  • Orang-orang yang sering gonta-ganti pasangan
  • Orang-orang yang memiliki infeksi hati kronis

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.