Cara Mudah Menaikkan dan Menurunkan Lagu dengan virtual DJ

Baca Juga

Transposisi Chord sangat berguna untuk menyesuaikan suara seorang penyanyi untuk menemukan nada dasar paling tepat. Mengingat jenis suara manusia tidak bisa di naik-turunkan dari asal jenis suaranya, maka musisi-lah yang harus menyesuaikan nada dasar permainan musik sebuah lagu dengan cara melakukan Transposisi Chord.

memindahkan (naik/turun) nada dasar/chord pada sebuah lagu menjadi lebih rendah maupun lebih tinggi. Hal ini sangat berguna untuk mendapatkan nada dasar yang cocok dengan penyanyi, apabila kita sedang memainkan alat musik yang tidak memiliki menu transpose otomatis, seperti piano atau gitar.

key merupakan fitur yang umumnya terdapat dalam karaoke box atau built in pada DVD player dan komputer. Key bisa menyesuaikan nada dengan kemampuan suara sehingga anda bisa menyanyikan lagunya dengan nada yang benar

Key biasanya dilambangkan dengan tanda #(kres) untuk menaikkan nada dan tanda b(mol) untuk menurunkan nada. Tempo lagu tidak akan berubah walaupun nada lagu diubah.
Untuk menerapkan key pada lagu dengan menggunakan adobe audition, kita bisa memakai fitur strecth di bagian effects – time/pitch

Menaikkan dan Menurunkan Lagu Menggunakan software Virtual dj 8 

Selain untuk mixing lagu, Virtual dj 8 juga bisa untuk cek chord lagu dan juga untuk merubahnya.Ini langkah - langkah ubah key lagu memakai Virtualdj software.
a. Kalau belum punya download Virtualdj 8 home di sini, pilih sesuai os yang digunakan Pc atau Mac.
b. Setelah di Install, buka Virtualdj 8, kemudian masuk ke pengaturan ( icon gerigi di sebelahkanan software ). Kemudian klik tab interface dan pilih skin default. Tutup option pengaturan.
c. Load lagu yang akan di rubah key / chord ke deck A atau B. Jangan load lagu lain, sebab jika pengaturan auto bpm virtualdj aktif akan mengikuti lagu yang pertama di deck.
d. Selanjutnya klik tombol "show key panel ", kemudian matikan icon gembok ( fitur ini untuk mematikan key lock yang artinya jika mati berarti key lagu bisa dirubah ). Jika hidup berarti mengunci key lagu agar tidak bisa dirubah. Lihat gambar dibawah

Mudah Menaikkan dan Menurunkan Lagu

e. Nah cara merubah key lagu tanpa merubah tempo cukup klik tanda - atau + . Tergantung kita akan merubah key lagu ke nada naik atau turun. Agar tahu perubahannya lebih baik sambil di
putar lagunya.

Jika ingin key naik cukup klik tanda plus. Misalnya asli lagu dari nada dasar C ingin naik ke D.Satu klik tanda plus berarti tune naik 1 nada, dan selanjutnya.Sebaiknya pastikan dulu mau naik atau turun key lagunya. Jika naik sebaiknya juga jangan terlalu jauh sebab nanti hasilnya untuk beat rada ngeprak. Naik saja 1 - 2 nada saja. Sebab semua instrumen pada lagu setelah dinaikkan akan berubah nada pitch-nya. Termasuk untuk vocal juga. Pitch vocal pada lagu asli akan berubah. Jadi jika terlalu tinggi suaranya jadi aneh. Begitu juga
jika di turunin jangan terlalu turun, karena hasilnya jadi jelek. Ini sih pengalaman Ane ya waktu merubah key lagu yang sudah jadi.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.