cara menghemat paket data Internet smartphone

Baca Juga

Sebelumnya kartu sim apa yang kalian gunakan untuk mengaktifkan data seluler pada ponsel kalian? apakah itu xl, axis, three, indosat, telkomsel atau yang lainnya. Sim card yang kalian gunakan itu tidak akan membuat masalah yang seperti ini. Baiklah misalkan kalian ingin tau cara hemat kuota telkomsel, maka caranya pun sama saja, nah maka dari itu ketahuilah terlebih dahulu apa penyebab utama dari cepat sekali habisnya kuota internet tersebut.

Menghemat Paket Data Internet


Namun untuk menggunakan internet, kita membutuhkan kuota atau stock data internet. Dengan stock data atau kuota ini maka aktivitas berselancar di dunia maya pun bisa Anda jalankan. Kuota atau stock data internet yang harus dibeli menggunakan sejumlah uang ini kemudian membuat penggunaya harus ekstra hemat untuk menggunakannya.

Beberapa Langkah untuk menghemat paket data Internet


1. Batasi Update Aplikasi, Kecuali Jika Terhubung dengan WiFi


Terkadang kita gak sadar beberapa aplikasi yang membutuhkan pembaruan (update) ternyata secara otomatis udpate otomatis dengan menggunakan kuota yang kita miliki. Kalo cuma satu aplikasi aja sih gak bakal ngaruh banget buat ngabisin kuota, tapi kalo kita punya puluhan aplikasi yang barengan butuh update, tentunya bakal makin banyak kuota yang diambil.

Buat mengatasi hal ini, Agan bisa mengubah settingan update aplikasi saat terhubung dengan WiFi yang gratis. Buat mengaktifkannya, Agan bisa masuk ke Play Store dan pilih menu settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

2. Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan


Ada banyak akun yang melakukan sinkronisasi otomatis pada smartphone Agan yang bikin kuota internet Agan terambil secara langsung tanpa Agan sadari. Buat mengatasi hal ini Agan bisa mematikan atau menonaktifkan sync otomatis ini pada beberapa akun yang jarang digunakan. Caranya dengan masuk ke menu Settings > Accounts > lalu pilih akun yang enggak ingin Agan sinkronisasikan. Dengan cara ini Agan bisa menghemat kuota data yang kamu miliki dengan baik.

3. Matikan mobile data saat enggak dibutuhkan


Mobile data akan terus bekerja meski Agan sedang tidak berselancar internet. Jadi bila Agan sedang enggak membutuhkan internet, seperti saat tidur, atau saat sedang fokus bekerja di kantor, jangan lupa mematikan mobile data ya.

Termasuk saat menggunakan WiFi. Pada android, bila mobile data dan WiFi sedang aktif dua-duanya, maka kuota internet yang terpakai adalah dari WiFi. Jadi pada saat itu mobile data tidak akan berguna walau dinyalakan. Jadi selain menghemat kuota internet, juga bisa menghemat baterai smartphone.

4. Batasi Penggunaan Data di Latar Belakang

Cara termudah untuk menghemat kuota data paket internet kamu adalah untuk mengatur aplikasi kamu atau bahkan sistem Android itu sendiri, agar membatasi data di latar belakang. Background data merupakan satu pemborosan data internet yang terjadi saat kamu tidak menggunakannya. Contohnya adalah sinkronisasi email, update feed, widget cuaca, dan lain sebagainya.

5. Minimkan Penggunaan Sosial Messenger


Selanjutnya untuk tips kelima yang bisa anda coba yakni mengurangi penggunaan sosial dan messenger. Ada banyak aplikasi Sosial Messenger seperti WhatsApp, Instagram, BBM, LINE, Facebook Messenger, WeChat, Path, IMO, Telegram, Twitter, dan lainnya. Alangkah baiknya anda kurangi penggunaan sosial media. Mengapa? Karena sosial media sangat boros terdapat data seluler ,gunakan sosial media pada waktu penting – penting atau pada momen – momen menarik saja.

6. Batasi Penggunaan Data Harian


Untuk tips keenam, ini adalah tips yang sangat menarik dan benar – benar mampu menghemat data internet harian/bulanan anda. Membatasi penggunaan data 4G adalah solusi paling ampuh dalam mengatur penggunaan data internet. Seperti contoh, hari ini hanya boleh menggunakan data sekitar 20 MB maka anda harus membatasi penggunaan data 4G sesuai dengan kuota yang anda tetapkan. Tidak semua perangkat Android memiliki fitur ini, tapi jika smartphone anda memiliki fitur semacam ini, anda bisa mencobanya.
Buka Setelan » SIM Ganda dan Jaringan Seluler » Batas Data Harian dan Pengingat » Aktifkan “Batas Data Harian”. Kemudian pilih batas maksimal data yang anda butuhkan pada bagian "Ukuran Data Harian".

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.