Hal hal yang menyebabkan Penuaan Dini

Baca Juga


Penuaan, suatu proses yang memang alamiah. Ya wajar saja, karena ketika tubuh telah menua, fungsi organ-organ Anda mengalami penurunan yang memungkinkan kesehatan menjadi menurun pula. Hal ini pun tentu saja membuat penampilan Anda yang akan tidak  secantik ketika masih muda. Kulit keriput, rambut memutih, postur membungkuk…

Apakah proses alamiah penuaan dapat diperlambat…?  Berbagai metode pun diupayakan untuk memperlambat penuaan dini, dari yang natural seperti mengubah gaya hidup sampai menggunakan obat-obatan. Tapi tahukan Anda ada hal-hal sederhana yang sering kita temui atau lakukan sehari-hari yang bisa memicu penuaan dini.

Proses Alamiah Penuaan Dini


1. Polusi Udara
Wah sudah tidak dapat dihindari ya di sekarang ini asap kendaraan bermotor yang setiap harinya bertebaran di jalan-jalan. Bahan kimia yang terkandung pada asap kendaraan bermotor dapat merusak elastisitas alami kulit dan kering. Solusinya: minimalisir paparan polusi udara, dengan menggunakan masker wajah, misalnya, saat Anda sedang berjalan di tengah lalu lintas padat.

2. Pekerjaan Anda
Menumpuknya pekerjaan yang membuat stres, penyejuk udara di tempat kerja, bisa juga mempercepat penuaan. Stres mempercepat penuaan sel tubuh, sedangkan penyejuk udara dapat membuat kulit semakin mongering.

3. Menonton Televisi
Radiasi yang dipancarkan pesawat televise (dalam kondisi menyala) tak cuma mengganggu indra penglihatan, tapi juga tidak baik untuk kulit Anda. Jika Anda terlalu lama menonton televise, radiasi sinar memancar bias membuat kulit Anda lebih cepat tua. Jadi usahakan jangan nonton televise terlalu dekat dan terlalu sering.

4. Cara Minum
Kurangi penggunaan sedotan. saat Anda menyedot minuman, akan terjadi tekanan pada kulit di sekitar leher dan pipi. Jika kondisi ini terlalu sering maka bisa memicu terbentuknya kerutan pada daerah tersebut.

5. Jenis Makanan
Makanan manis dapat membuat rentan mengalami penuan dini, Karen kadar gula yang terlalu banyak dalam darah dapat memicu proses glikasi (perusakan kolagen pada kulit). Akibatnya, kulit menjadi kehilangan kekenyalan dan lebih cepat keriput.

Sesungguhnya, penuaan menunjukan adanya penurunan beberapa fungsi organ tubuh. Seiring dengan bertambahnya usia, proses penuaan akan terus terjadi. Semoga bermanfaat.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.