Arti Gong Xi Fa Chai Pada saat Imlek

Baca Juga

Ucapan selamat dalam bahasa mandarin tersebut beredar menghiasi kota-kota di Indonesia, dengan dekorasi dengan dominasi warna merah, dalam menyambut hari yang paling dinanti dan dirayakan oleh saudara-saudari kita para keturunan Tionghoa. Kita saling bertukar salam dengan kalimat itu.

Gong Xi Fa Chai menggunakan bahasa mandarin dengan Hanyu Pinyin, ejaan latin China yang resmi dipakai di China, Taiwan, dan Singapura. Ucapan itu sudah mulai dipakai sejak ribuan tahun yang lalu, bayangkan saja, penanggalan China sudah berusia 26 abad, lebih tua 5 abad dari penanggalan Masehi.

kalautau.com - Arti Gong Xi Fa Chai Pada saat Imlek


Ucapan ini mungkin akan bertambah panjang jika diucapkan oleh anak-anak. "Gong Xi Fa Chai , Hong Bao Na Lai" yang berarti, Selamat dan Semoga Sejahtera, Bawakan Saya Angpao.

Dilansir Wikipedia, perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia awlanya dilarang. Namun pada tahun 1946 yakni ketika Republik Indonesia baru berdiri Presiden Soekarno mengeluarkan Penetapan Pemerintah tentang hari raya umat beragama.

Sejak saat itulah perayaan Imlek dirayakan di Indonesia. Biasanya perayaan Imlek berlangsung hingga 15 hari. Satu hari sebelum atau disaat hari raya Imlek orang Tionghoa melakukan pemujaa kepada leluhur.

Ucapan inilah yang sekarang lebih banyak terdengar pada komunitas masyarakat keturunan China di seluruh dunia ketika merayakan tahun baru Imlek.

Selain Gong Xi / Kiong Hi, beberapa ucapan lain yang sering digunakan antara lain :

suì suì píng an yang artinya kestabilan dan kedamaian tahun ke tahun.
nián nián you yú artinya tiap tahun diberkati kelimpahan panen.
Ucapan Gong Xi Fa Chai digunakan juga oleh anak-anak ketika menerima ang pau, menukar kado, atau ketika mengunjungi biara-biara.

Dan ada candaan dari frase yang sering digunakan oleh anak-anak dan remaja dengan penambahan "gong xi fa cái, hóng bao ná lái" yang artinya "Selamat sejahtera, ang pau kesini dong !" ketika berkunjung terutama ke para famili dekat yang lebih senior.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.