Menghilangkan Bau Kaki Ternyata Mudah Sekali

Baca Juga

Masalah bau kaki memang tidak mengenal usia. Dari anak-anak, remaja, hingga orang tua bisa mengalami masalah ini. Umumnya bau tak sedap yang keluar dari kaki lebih disebabkan oleh terhambatnya sirkulasi udara akibat sepatu atau kaos kaki yang terlalu rapat menutup kaki dalam waktu yang relatif lama. Akibatnya keringat yng keluar dari kaki tidak bisa menguap.

Penyebab bau kaki

Bau kaki karena berkeringat dapat juga disebabkan oleh stress pada kaki karena  kaki berada dalam tekanan atau keletihan misalnya jika kita bediri sepanjang hari. Cuaca panas dapat memperparah keadaan ini, meskipun kaki berkeringat bukan saja masalah yang terjadi selama musim panas. Kelenjar keringa pada kaki dan tangan dapat juga dipicu oleh reaksi emosi, stress, pikiran atau perasaan. Pada remaja, kaki berkeringat adalah bau tidak sedap, penyebab bau kaki adalah bakteri pada kulit membelah keringat.

Penyebab bau kaki salah satunya bisa dikarenakan dengan jarang nya sepatu yang di cuci. Dasarnya sepatu itu harus dirawat seperti kita merawat diri sendiri dan cara merawatnya pun sangat gampang. Yang hanya dengan mencuci nya setiap seminggu sekali, itu sudah lebih dari cukup.

selain itu disebabkan karena  bromhidrosis dan hiperhidrosis. Bromhidrosis adalah kelompok bakteri yang ada di dalam tubuh yang bisa menghasilkan bau. Dan hiperhidrosis adalah salah satu masalah produksi keringat yang berlebihan. jika bakteri serta keringat bertemu dan kemudian bercampur maka akan memproduksi isovaleric acid. Isovaleric acid merupakan salah satu jenis zat yang menghasilkan bau tidak sedap.

Menghilangkan Bau Kaki Ternyata Mudah Sekali

Cara Menghilangkan Bau Kaki

  • Kebiasaan menjaga kebersihan yang sederhana biasanya mampu mengatasi masalah bau kaki. 
  • Cucilah kaki setiap hari dengan sabun antibakteri untuk mengurangi risiko infeksi kulit ringan, kutu air atau lecet.
  • Kenakan sepatu dengan ukuran yang pas dan terbuat dari kulit yang memungkinakan kaki bernapas. Serat sintesis menyebabkan timbulan keringat yang berlebih dan memudahkan tumbuhnya bakteri.
  • Bedaki kaki untuk menyerap atau mengurangi kelembapan dan mengurangi gesekan penyebab lecet.
  • Salah satunya bisa dengan menggunakan kopi yang di letakkan kedalam sepatu
  • mengganti kaos kaki tiap hari, memakai dengan bahan yang mudah menyerap keringat, sepatu yang di pakai di cuci dan memotong kuku. Sering kali orang yang memiliki bau kaki ini, tentunya akan mengeluarkan keringat jauh lebih banyak.

Tips Untuk mencegah Bau Kaki

Bau kaki pasti terjadi pada siapa saja, bau timbul pertama ketika kita menggunakan  sepatu. Bau kaki akan membuat anda tampil tidak percaya diri, bau kaki bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, bau yang ditimbul karena sepatu yang anda pakai lembab dan tidak kering. Dapat disebabkan karebna penggunaan kaos kaki yang tidak berbahan katun sehingga tidak dapat menyerap keringat semaksimal mungkin. Sepatu yang terlalu rapat juga dapat menyebabkan bau kaki karena kurangnya ventilasi udara  pada area kaki dan saat kaki berkeringat akan menjadi lembab kemudian menjadi lama-lama akan membuat kaki anda bau.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.