Benarkah Wanita Haid/Menstruasi Tidak boleh Keramas?

Baca Juga

Setiap wanita pasti akan mengalami Haid/menstruasi yang terjadi sekali dalam sebulan sepanjang hidupnya hingga mereka mengalami menopause. Menstruasi ini terjadi ketika sel telur wanita tidak dibuahi oleh sel sperma pria. Sehingga sel telur akan luruh dan terjadilah menstruasi.

Wanita haid yang membilas kepalanya dengan air (keramas) ketika haid hukumnya tidak terlarang. Adapun pendapat mereka yang menyatakan bahwa tidak boleh wanita haid mandi keramas, ini pendapat yang tidak benar. Wanita haid boleh mencuci kepalanya (keramas) dan badannya.

Benarkah Wanita Haid/Menstruasi Tidak boleh Keramas?


Ada begitu banyak mitos yang beredar di masyarakat terkait dengan wanita dan menstruasi. Salah satunya yang paling umum disebutkan bahwa saat menstruasi wanita dilarang untuk keramas. Sebab dikhawatirkan keramas mampu mengganggu sirkulasi darah saat menstruasi. Benarkah mitos ini?

Tentu saja hal tersebut hanyalah mitos! Hingga saat ini tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa keramas mampu menimbulkan efek negatif saat menstruasi. Malah Anda disarankan untuk selalu mandi dan rajin keramas untuk menjaga kebersihan tubuh saat mentruasi. Bahkan, keramas dan mandi terutama yang dilakukan dengan air hangat mampu membuat wanita menjadi lebih rileks sehingga mampu mengurangi efek nyeri dan kram saat menstruasi.

selama mentruasi karena tidak boleh mencuci rambut, pasti rambut akan lepek dan kusam. Betulkah kebiasan mencuci rambut di hari pertama akan mempercepat anda mengalami menopause. Situs wordpress dari pendapat "Dr. Caroline Tirtajasa,Sp,OG" tidak adanya larangan untuk keramas ketika sedang menstruasi. Menjaga kebersihan adalah hal terpenting ketika sedang menstruasi. Begitu pula dengan mencuci rambut, kebersihan kulit kepala ketika sedang menstruasi harus lebih dijaga karena adanya perubahan hormon.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.