WiFi Bandara Soekarno Hatta tercepat didunia

Baca Juga

Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), PT. Angkasa Pura (AP) II, mempercepat koneksi Wi-Fi di Terminal 3 hingga mencapai 50 Mbps. Terminal tersebut pun diklaim sebagai salah satu terminal penumpang pesawat dengan sambungan internet tercepat di dunia.

kalautau.com - WiFi Bandara Soekarno Hatta tercepat didunia

Terminal 3 disebut-sebut mengalahkan Bandara Internasional Don Mueang, Bangkok, Thailand. Bandara yang difasilitasi sambungan Wi-Fi berkecepatan rata-rata 44,22 Mbps untuk download, 42,28 Mbps untuk upload ini didaulat sebagai bandara dengan koneksi Wi-Fi tercepat dunia oleh survei RottenWi-Fi, Desember 2015.

Area penerbangan domestik di Terminal 3, telah memasang 100 access point dengan bandwidth 50 Mpbs. Adapun area penerbangan internasional juga direncanakan bakal memiliki access point dengan jumlah sama ke depannya.

“Saat ini kecepatan koneksi WiFi di seluruh bandara AP II rata-rata 20 Mbps yang ke depannya juga akan ditambah menjadi 50 Mbps,” kata Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddindi. Ia mengungkapkan, yang selanjutnya akan menyusul Terminal 3 Bandara Internasional Soetta adalah Bandara Internasional Kualanamu di Sumatera Utara.

“Peningkatan kecepatan koneksi WiFi juga merupakan salah satu langkah awal kami dalam mengembangkan aspek teknologi informasi dan komunikasi di bandara-bandara AP II dalam program Airport Go Digital,” lanjut dia.

Untuk dapat mengakses layanan WiFi berkecepatan tinggi ini, penumpang pesawat di Terminal 3 dapat memasukkan nomor telepon genggam di setiap sesi koneksi guna terhubung secara gratis selama 15 menit.

Sementara itu, bagi yang membutuhkan koneksi lebih lama dapat memilih koneksi berbayar dengan tarif Rp5.000 untuk 1 jam, Rp20.000 untuk 6 jam, dan Rp50.000 untuk 24 jam.

AP II saat ini juga tengah mengembangkan platform smart airport mobile application yakni aplikasi di smartphone yang dapat mempermudah penumpang memanfaatkan atau menggunakan fasilitas-fasilitas di seluruh bandara yang dikelola perusahaan.

Melalui peningkatan layanan WiFi dan smart airport application, AP II menargetkan Bandara Internasional Soetta dapat meraih rating Bintang 5 versi Skytrax dari saat ini Bintang 3.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.