Jangan Gunakan Baking Soda Untuk Membersihkan Karang Gigi

Baca Juga

Apa manfaat Baking Soda?

Selain digunakan oleh para ibu-ibu untuk mengembangkan kue, manfaat lain baking soda untuk kehidupan sehari-hari adalah sebagai pembersih noda pada panci, sebagai porselen pembersih lantai, disamping itu juga berguna untuk memutihkan dan membersihkan enamel dan karang pada gigi.


kalautau.com - Jangan Gunakan Baking Soda Untuk Membersihkan Karang Gigi

Membersihkan Gigi dengan Baking Soda

Seperti yang tertulis di atas bahwa salah satu manfaat baking soda dari sisi kesehatan adalah untuk memutihkan dan membersihkan karang gigi. Memang perlu diakui bahwa baking soda adalah salah satu bahan utama yang sangat ampuh dan efektif untuk memutihkan dan membersihkan karang gigi sob.

Selain mudah didapat harganya yang sangat terjangkau membuat baking soda menjadi pilihan sebagian orang dalam memutihkan dan membersihkan gigi. Selain memutihkan dan membersihkan gigi, baking soda juga berkhasiat menghilangkan bau mulut dan menekan pertumbuhan bakteri pada gigi.

Lantas Bahaya apa yang di akibatkan penggunaan Baking Soda?

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, dari sudut pandang kimia sifat baking soda adalah basa, korosif, dan abrasif. Penggunaan baking sudah untuk membersihkan gigi dalam jangka waktu lama dan berlebihan (melebihi kadar normal) malah akan berdampak buruh bagi kesehatan gigi dan gusi sobat.

Beberapa bahaya penggunaan baking soda yang melebihi kadar dan penggunaan jangka panjang malah akan membuat gigi mudah rapuh dan keropos, karena permukaan gigi terkikis sedikit demi sedikit.

Bagaimana sebaiknya membersihkan Gigi?

Setelah kita tahu dampak negatif penggunaan baking soda untuk kesehatan gigi, ada baiknya kita lebih waspada dan hati-hati dengan penggunaan baking soda secara langsung. Jika sobat tetap ingin menggunakan baking soda untuk membersihkan gigi, ada baiknya untuk digunakan selama 3 bulan sekali untuk menghindari kadar yang berlebihan.

Selain itu, ada alternatif lain membersihkan gigi dengan baking soda yaitu dengan menggunakan pasti gigi yang mengandung baking soda, sehingga kadarnya lebih aman untuk penggunaan jangka panjang bagi gigi kita namun tetap harus menggunakan sesuai petunjuk penggunaan dari produk tersebut.

Selain itu ada beberapa cara alami untuk membersihkan dan menjaga kesehatan gigi yang tentunya aman bagi kesehatan dalam jangka panjang. Beberapa cara alternatif untuk menjaga kesehatan dan memutihkan gigi adalah dengan menggunakan strawberry, menggunakan kulit jeruk, menggunakan biji pinang, menggunakan kayu siwak, dan menggunakan daun salam.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.