Jika Anda Susah Tidur Cobalah 5 Hal ini

Baca Juga

1. Memainkan didgeridoo
Didgeridoo adalah instrumen musik tradisional dari Australia. Bentuknya hampir mirip seruling, namun ukurannya lebih besar dan panjang. Penelitian di Swiss menunjukkan bahwa memainkan alat musik tiup ini mampu menyembuhkan kesulitan tidur. Tak hanya itu, alat musik ini juga membuat Anda tidak mengantuk di siang hari. Alat musik ini menguatkan organ pernafasan bagian atas dan melebarkan saluran napas. Seringkali kesulitan tidur dan apnea disebabkan oleh saluran pernapasan yang menyempit.



2. Menghitung mundur
Yap, jangan hanya menghitung domba. Menghitung mundur juga bisa membantu Anda untuk cepat tertidur lelap. Namun, jangan mulai dari angka puluhan. Mulailah dari ribuan atau ratusan. Peneliti mengatakan cara ini akan berhasil karena Anda melakukan kegiatan yang monoton dan menenangkan pikiran.

3. Bernyanyi
Peneliti menemukan bahwa bernyanyi mampu mengganggu jalannya pesan dan sinyal ke otak. Sinyal ini seringkali menyebabkan otak sibuk dan membuat kita terjaga. Biasanya seseorang akan tertidur setelah menyanyikan satu atau dua lagu. Pilihlah lagu favorit Anda, nyanyikan dengan suara pelan jika takut mengganggu orang lain.

4. Menekuk jari kaki
Menekuk jari-jari kaki dan menahannya hingga hitungan ke tujuh bisa membuat seseorang merasa tenang. Tempelkan kaki satu sama lain dan tekuk jari=jari kaki hingga hangat. Lakukan ini beberapa kali, dan rasakan ketika tubuh dan pikiran Anda mulai tenang.

5. Menulis
Biasanya seseorang terjaga karena ada sesuatu yang mengganggu pikirannya. Selalu sediakan alat tulis dan kertas di dekat tempat tidur. Ketika sesuatu mulai mengganggu pikiran Anda, langsung tulis saja. Kemudian lupakan hal tersebut dan pergi tidur.

Itulah beberapa cara unik yang layak dicoba jika Anda mulai susah tidur. Cara-cara tersebut bisa dikombinasikan satu sama lain. Selamat mencoba!

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.