Google Resmi mengumumkan Android Nougat 7.0

Baca Juga

Akhir kahir ini ada kabar tentang pengumuman resmi sistem operasi android terbaru. yang sebelumnya Google hanya mengumumkan sistem operasi terbarunya dengan nama "Android N".

Setelah , beberapa waktu kemudian, google melakukan seleksi hingga akhirnya keluarlah nama Nougat. Salah satu aspek penting dari Android 7 (Nougat) adalah penanganan yang lebih baik untuk multitasking. 

kalautau.com - Android Nougat 7.0


Dari segi teknis Android sendiri sebenarnya sudah memiliki kemampuan untuk menjalankan berbagai proses dan aplikasi dalam satu kesempatan secara bersamaan (Kemampuan ini biasanya disebut sebagai multitasking). Dengan munculnya komputer tablet dan ponsel berlayar besar yang berjalan di Android, para pembuat peranti mulai memperhatikan kemungkinan desain tampilan yang lebih ramah terhadap kemampuan multitasking.

Bila ingin mengaktifkan mode ini dari layar utama, setelah menekan tombol Recent Apps Anda bisa menekan lama salah satu thumbnail aplikasi yang ditayangkan. yang nantinya akan mengalami perubahan berupa digeser ke layar bagian atas (atau bagian kiri, pada tampilan landscape).

Karena sudah terintegrasi dengan sistem operasi, aplikasi yang dirancang untuk Android 7 secara bawaan akan langsung kompatibel dengan mode multijendela. Salah satu kategori aplikasi yang tidak terpengaruh oleh fitur multijendela ini yaitu aplikasi yang secara bawaan menjalankan mode layar penuh (full screen). Aplikasi seperti ini biasanya adalah permainan video.

Pada Android 7 Google tampaknya juga sudah mulai mempersiapkan fitur multitasking pada layar yang lebih besar. Fitur multijendela seperti yang diuraikan di atas jelas akan sangat bermanfaat untuk ponsel berlayar lebar dan komputer tablet.

Google memperkenalkan mode “free form window” pada Android Nougat. Mode ini memungkinkan beberapa jendela aplikasi tampil sekaligus, dan bisa ditampilkan saling tumpang tindih seperti pada Windows dan macOS.

Android TV sudah memanfaatkan fitur ini untuk tampilannya, yang disebut sebagai Picture in Picture (PiP). Fitur PiP memungkinkan penonton televisi untuk menampilkan video di sudut kecil layar, sambil terus menonton video lainnya.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.