Harga Rokok Naik 50.000/Bungkus Bernarkah?

Baca Juga

Pada saat ini harga rokok terbilang cukup murah untuk di dapatkan. dengan mengeluarkan uang di bawah 20 ribu bisa dengan leluasa memberli rokok. lantas apa jadinya kalau rokok berharga mahal, apakah hal ini bijak? 

banyak alasan yang menguatkan kenaikan harga rokok, mulai dari tahun 2014 sudah ada sekitar 26.000 orang yang terkena PHK karena beban cukai. lalu ada juga yang mengatakan Sebanyak 72 persen bilang akan berhenti merokok kalau harga rokok di atas Rp 50.000," ungkap Hasbullah. Hasbullah Thabrany (Kepala Kajian Ekonomi & Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia) mengatakan bahwa dengan menaikkan harga rokok menjadi 50000 adalah hal yang tepat. Karena murahnya harga rokok dinilai menjadi penyebab melonjaknya jumlah perokok di Negara Indonesia.



Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bersama team-nya, para perokok berhenti merokok bila harga rokok dinaikkan menjadi 2 kali lipatnya. Survey ini telah dilakukan terhadap 1000 perokok melalui via telepon dalam kurun waktu bulan Desember 2015- Januari 2016. apakah hal ini bisa menjadi acuan untuk menaikkan harga rokok.

Dengan kejadian ini para petani tembakau menjerit jika benar Pemerintah akan menaikkan cukai rokok pada tahun ini. para pengusaha dan pekerja sektor industri rokok juga menolak kenaikan cukai ini, karena dapat menimbulkan berkurangnya pembelian.

Lantas apakah cara ini benar benar manjur untuk menurunkan jumlah perokok di negara indonesia? yang jelas pasti akan banyak rokok rokok yang ilegal akan laris untuk memenuhi kebutuhan perokok.



Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.