Perbedaan vaksin asli dan palsu menurut BPOM

Baca Juga

Sangat sulit sekali membedakan vaksin yang asli dan palsu, kalau orang orang mengatakan vaksin yang asli itu harganya lebih mahal, apakah hal tersebut bisa menjamin keasliannya. Justru karena harga vaksin yang mahal, membuat orang orang jahat memanfaatkannya untuk cari uang dengan cara memalsukannya. Seandainya pemerintah menggratiskan vaksin tersebut, apakah akan beredar vaksin palsu? Tentunya hal ini akan membuat pemalsu vaksin enggan memalsukannya, karena vaksin buatan mereka pasti tidak memiliki nilai jual alias mereka akan rugi sendiri karena memalsukan vaksin yang gratis. Intinya perbedaan harga menjadi penyebab adanya vaksin palsu.

Jika anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut manfaat vaksin bagi tubuh, silahkan baca artikle tersebut.

Kalautau.com - Perbedaan vaksin asli dan palsu menurut BPOM

Kenalilah Ciri ciri Vaksin Asli

# Kemasan Masih Tersegel

Jika vaksin yang akan digunakan terlihat sudah rusak sebaiknya meminta kepada petugas untuk menggantinya degan vaksin yang masih disegel. Dan apabila kemasan mencurigakan, masyarakat dapat melaporkan hal tersebut ke instansi yang bertanggung jawab terhadap peredaran vaksin tersebut.

# Adanya Label Keterangan Vaksin Pada Ampul

Setiap vaksin yang asli akan memberikan informasi yang lengkap seputar kegunaan vaksin tersebut. Informasi itu, biasanya tercantum pada ampul.

# Label Ampul Biasanya Dilepas dan Dihancurkan

Ketika selesai melakukan vaksinasi, biasanya label yang tercantum pada ampul dilepas dan ditempelkan pada buku kontrol pasien. Kemudian kemasan akan dihancurkan, karena bagian yang mencantumkan kode produksi dan masa kadaluwarsa berpotensi dapat disalahgunakan.


Ciri ciri fisik Vaksin Pals

# kode produksi tidak terlihat jelas

Jika anda ingin memastikan keaslian vaksin, anda harus teliti terhadap kode produksinya, kalau pun terlihat buram atau tidak jelas, mintalah kepada petugas untuk mengganti yang baru. Kalau perlu check kode produksinya.

# Tutup karetnya bukan abu-abu

Jika anda menemukan atau melihat vaksin yang bewarna selain abu abu, anda berhak mencurigainya, karena vaksin yang asli selalu menggunakan tutup karet bewarna abu abu. Dan perlu anda ketahui check juga kesepadanan antara kemasan dan tutup harus cocok dansesui (tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sempit)

Masa kedaluwarsa vaksin terlihat kabur

Masa kadaluarsa terlihat kabur bisa menjadi indikasi vaksin sudah menyalahi aturan, karena kalau terlihat kabur, bagaimana mungkin kita dapat mengenali kadaluarsa vaksin tersebut. Anda perlu memeriksanya terlebih dahulu sebelum di suntik kan.

Tidak ada nomor ijin edar (NIE) dari BPOM

Dimana anda dapat melihat nomor ijin edar? Di bagian kertas sampul berupa kombinasi nomor dan huruf. Nomor ijin edar sebagai bukti, vaksin telah melalui tahap pemeriksaan, mulai dari uji laboratorium sampai ijin pemasaran.

Saran untuk anda
Jika anda merasa ragu terhadap keaslian vaksin, lebih baik tanyakan terlebih dahulu sumber atau asal vaksin tersebut di produksi. Selain itu banyaklah bertanya tentang vaksin yang akan di suntikkan, agar anda bisa mengenalinya secara detail. Lakukan penyelidikan terhadap ciri cirinya, supaya terhindar dari vaksin palsu.



Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.