Penyebab Iklan Adsense Tidak Muncul serta cara mengatasinya

Baca Juga

akhir akhir ini, saya sering membaca keluhan blogger yang terdapat di forum forum tentang "iklan adsense tidak muncul". mulai dari keluhan iklan adsense muncul cuman beberapa saat, bahkan ada iklan adsense yang tidak muncul sama sekali.

karena rasa penasaran akhirnya saya cari tau penyebab tidak munculnya iklan adsense. dari sumber referensi yang pernah saya baca, ada yang mengatakan bahwa "iklan adsense tidak muncul" di karenakan adanya bug, serta kesalahan publiser menempatkan iklan adsesen. ada juga yang berpendapat karena google sedang melakukan review ulang. manakah jawaban yang benar?

jika anda publiser adsense lebih baik lanjutkan baca artikle ini, karena hal ini bersangkutan dengan sumber penghasilan adsense anda. dan apabila anda ingin menjadi publiser adsense namun sering di tolak baca artikle "Semangat Baru Karena di Tolak Google Adsense".

kalautau.com - Penyebab Iklan Adsense Tidak Muncul

Penyebab iklan adsense tidak muncul

Adsense youtube di gunakan untuk adsense blogger

jika sebelumnya anda memiliki adsense youtube (adsense yang berasal dari youtube), anda tidak bisa memasang adsense tersebut di blogger, karena adsense youtube hanya berfungsi (iklan muncul) di akun youtube saja, selebih dari itu tidak bisa di gunakan (iklan tidak muncul). kalaupun anda tetap bersikeras menggunakan adsense tersebut, anda harus mendaftarkan ulang atau istilah nya upgrade akun adsense youtube menjadi adsense hosted blogger.

dari alasan tersebut kita mengetahui bahwa adsense youtube berbeda dengan adsense untuk blogger. jika anda mengalami hal ini, lebih baik upgrade adsense anda agar bisa digunakan di youtube dan di blogger.

Adsense hosted digunakan di top level domain (TLD)

apa itu adsense hosted? adsense hosted adalah akun adsense yang terkait dengan situs web mitra host adsense. adsense hosted didapat dari mendaftar adsense melalui youtube, blogger dan hubpages. Akun adsense hosted hanya bisa digunakan untuk menampilkan iklan di mitra host atau pihak ketiga saja, yaitu youtube dan blogspot. 

Jika akun adsense hosted digunakan untuk top level domain (tld), sudah di pastikan "iklan tidak akan muncul" alias "blank", karena akun adsense untuk TLD harus menggunakan adsense non hosted. berarti harus ada upgrade dari akun hosted menjadi non hosted.

Dan apabila anda ingin menggunakan akun adsense hosted di TLD, anda harus mengupgrade adsense tersebut terlebih dahulu, dengan cara mendaftarkan ulang adsense hosted dengan nama domain TLD. masih bingung? contoh, jika sebelumnya anda daftar google adsense menggunakan "situsanda,blogspot,com", untuk upgrade menjadi adsense non hosted, anda harus menggunakan nama domain sendiri "situsanda,com" saat daftar. intinya pengajuan ulang dari subdomain menjadi domain sendiri.

Masa Verifikasi PIN dari google adsense

jika di tanya kapan verifikasi pin google adsense ? yaitu "saat penghasilan adsense anda lebih dari 10 $". Selama anda belum mendapat verifikasi pin, maka iklan anda pun di tangguhkan sementara ("iklan adsense blank") sampai anda memverifikasi pin tersebut. 

Kapan saya bisa menerima pin dari google adsense? bisa sekitar 2 minggu bahkan sampai 1 bulan. kalupun lebih dari 2 atau 3 bulan belum menerima pin, lebih baik anda mengajukan ulang pengiriman pin verifikasinya.

Jadi anda tidak perlu panik, ketika anda sudah mendapat penghasilan di atas 10$ dan kemudian iklan adsense anda tidak muncul. karena anda telah mengetahui penyebabnya "anda harus memasukkan 6 digit angka di akun adsense". dan jangan lupa bersabarlah selama menunggu surat pin dari adsense, karena kita tidak tau kapan datangnya serta jangan lupa untuk mengisi alamat anda dengan lengkap, agar pin terkirim sesuai lokasi anda.

Penempatan iklan yang tidak tepat

hal ini pun bisa menyebabkan iklan anda tidak muncul, sebagai contoh anda mengambil kode unit iklan adsense ukuran 300 x 600, namun anda menempatkannya di awal posting / akhir posting, saya yakin iklan anda tidak akan muncul. 

sesuai dengan pengalaman saya, membuat iklan adsense vertikal dan saya letakkan di dalam posting dan menunggu begitu lama iklan tidak muncul muncul juga, akhirnya saya mengganti dengan iklan yang sesuai dengan wadahnya, tidak lama kemudian (sekitar 15 menit) iklan muncul.

Dari pengalaman di atas kita tau bahwa memasang iklan pada tempatnya memperngaruhi muncul tidaknya sebuah iklan adsense. jadi berhati hatilah saat memilih unit iklan yang ingin di pasang, kalau anda ingin membaca cara memasang adsense yang benar dan tidak menyalahi aturan google baca ini "Penayangan Iklan yang dilarang Google Adsense" serta jangan lupa membaca "cara memasang iklan berada di awal posting, akhir posting dan di tengah posting".

Iklan Blank saat Membuat Unit Iklan Baru

iklan adsense akan tampak blank atau tidak mucul disaat anda pertama kali meletakkan kode iklan adsense, namun anda tidak perlu panik, iklan biasanya akan muncul tidak lebih dari 2-4 jam (pengalaman saya sekitar 15 lebih iklan akan muncul dengan sendirinya). kalaupun iklan tidak muncul juga, berarti ada faktor lain yang jadi penyebabnya.

Iklan adsense tertutup dengan element lain

Script kode Adsense yang tertutup elemen script atau kode HTML, bisa menyebabkan iklan adsense tidak muncul. Sebagai contoh anda ingin memodivikasi iklan adsense dengan penambahan tag div atau script lain, hal ini bisa menyebabkan adsense tidak muncul kalau script anda salah, cara mengatasinya yaitu gunakanlah script adsense aslinya tanpa penambahan elemen baru.

Akun adsense anda di banned atau di non aktifkan

sudah sangat jelas sekali kalau iklan tidak muncul di karenakan akun adsense anda di banned. untuk check akun anda di banned atau tidak, silahkan check email anda, biasanya ada pemberitahuan email penyebab akun anda di banned. 

cara lainnya yaitu dengan cara langsung login ke adsense, jika anda biasanya sukses masuk ke dashborad dengan lancar dan kemudian anda mendapat warning akun di nonaktifkan. sudah pasti akun anda di banned. kalaupun anda hanya mendapat peringatan aktifitas lalu lintas tidak valid silahkan baca artikle ini "Lalu Lintas Tidak Valid AdSense Konten"


Loading Situs anda lambat ,lama bahkan berat

Penyebab situs menjadi lambat adalah banyaknya hiasan hiasan skript berupa widget atau fitur fitur pendukung yang sebenarnya tidak terlalu di butuhkan. hal ini berpengaruh terhadap Adsense tidak muncul karena kecepatan load browser yang overload sehingga script adsense tidak terbaca. Cara mengatasinya bijaklah menggunakan widget atau fitur tambahan di situs anda. jika anda tertarik untuk tune up kecepatan loading blog anda silahkan baca "5 Langkah Menambah Kecepatan Blogspot, +40%"

Google sedang melakukan Review 1 dan Review 2

Adsense tidak muncul atau blank karena blog dalam masa review. dengan kata lain anda harus menunggu sampai anda mendapat balasan email approval dari Google

Anda memperoleh Google adsense dari Bug

memang sangat sulit dibedakan antara google adsense normal dan google adsense hasil dari bug, namun perbedaan tersebut bisa terjawab disaat muncul tidaknya iklan. jika anda menggunakan google adsense dari bug biasanya anda tidak mendapat email approvalCiri yang kedua adalah pada akun bug tidak terdapat "cancel Account" sedangkan akun Adsense normal pasti ada.

Berikut adalah pengalaman blogger yang menggunakan google adsense bug. awalnya iklan bisa tampil, namun anda jangan senang dulu, ternyata akun bug idr 2016 ini memang tampil tidak sempurna. Pada 30 menit pertama iklan yang anda buat akan tampil pada blog anda, namun coba sobat tunggu hingga 1 jam atau 2 jam, maka iklan yang tampil sebelumnya akan menghilang dari blog anda. adsense bug ternyata memerlukan review pada tahap kedua, namun hal ini belum bisa dipastikan juga apakah pendapat saya itu benar atau salah, mungkin para blogger bisa menjelaskan lebih detail lagi mengapa akun bug idr 2016 tidak bisa menampilkan iklan

Selain itu saat Panen, dapat di pastikan anda tidak bisa menerima uangnya, artinya saat anda melakukan pengajuan untuk withdraw, tidak lama kemudian adsense anda akan di banned. itu pengalaman teman yang pernah saya kutip. meskipun saya pribadi belum mencobanya, saya menyarankan anda lebih bijak menggunakan adsense bug. lebih baik anda menggunakan adsense normal, agar jeri payah anda mengumpulkan dolar terbayar dengan indah. 

Pada akhirnya saya sudah lelah untuk melanjutkan artikle ini, semoga beberapa "penyebab iklan adsense tidak muncul" diatas bisa membuat anda mengerti, apabila ada pertanyaan terhadap artikle ini, silahkan berkomentar yang relevan. 

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.