Cara Optimasi SEO Onpage dan Offpage

Baca Juga

Banyak Jasa SEO dan konsultan lain menyediakan layanan bagi pemilik situs / blog hanya untuk mendapatkan Ulasan tentang pengembangan konten, penelitian kata kunci, pelatihan SEO, penggunaan JavaScript dan jasa penulisan artikle demi mendapatkan jumlah visitor yang besar datang ke tempat mereka.

Banyak Pengembang situs harus mengeluarkan uang besar untuk memaksimalkan Optimasi SEO, dengan cara memasang iklan sampai mengikuti pelatihan pelatihan. karena pada dasarnya, semua pengembang membutuhkan visitor guna mendongkrak populeritas situs tersebut.

Pengertian SEO dan Jenisnya

SEO Merupakan kepanjangan dari "Search Engine Optimization" jika di terjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti "pengoptimalan mesin telusur". Fungsi nya untuk meningkatkan peringkat situs serta memperoleh posisi puncak di mata mesin pencarian yang pada akhirnya akan mendatangkan visitor.

Menurut jenisnya Optimasi SEO dibagi menjadi 2 bagian yaitu 

# SEO Onpage 

lebih mengarah kepada hal hal yang berasal dari pencarian organik di mesin penelusuran. Faktor-faktor tersebut di optimalkan memalui tata cara penulisan coding yang benar, pemberian meta tag (judul, deskripsi ,keyword, kontent), kepadatan kata kunci dan kualitas artikle yang di sajikan.

# SEO Offpage.

Lebih menekankan optimasi dari luar situs / blog, dengan cara membangun backlink ditempat lain. berarti pengembang membangun situs mereka dari luar untuk mendapat traffick yang tinggi dari situs yang ditanami backlink. lebih mudahnya jika dikatakan metode promosi dari media sosial dan forum forum yang relevan.

kalautau.com - Cara Optimasi SEO Onpage dan Offpage

Cara Mudah Optimasi SEO

Cara Membangun SEO Onpage

# Membuat judul deskriptif

Pastikan semua halaman di situs anda memiliki judul, yang terdapat pada attribut tag <title>. Pembuatan judul harus berkaitan erat dengan garis besar isi artikle. dengan artian secara singkat mendiskripsikan dan menjelaskan penggunaan keyword. Judul sering kali menjadi bagian utama informasi untuk menentukan hasil mana yang harus diklik, sehingga penting menggunakan judul singkat padat dan jelas. cara terbaik adalah dengan meletakkan keyword yang di bidik berada di awal judul serta menarik perhatian.

# Meta deskripsi yang baik

Deskripsi merupakan pilihan kedua yang menjadi pertimbangan pengunjung disaat mereka telah menemukan judul artikel. Meta deskripsi yang akurat dapat membantu visitor memperoleh tambahan informasi singkat mengenai gambaran umum artikel. jadi buatlah deskripsi yang berkualitas ,agar hasil penelusuran Google dapat dengan maksimal merayapi situs anda. sebagai saran ada baiknya meletakkan keyword yang anda bidik berada di meta deskripsi sebagai penyokong validitas informasi artikle anda, perhatikan juga penggunaan huruf tidak lebih dari 150 karakter.  baca juga artikle lainnya "Memaksimalkan Perayapan Robot" sebagai cara memaksimalkan perayapan robot mengenali meta deskripsi anda.

# Hindari penggunaan URL yang panjang

Menurut The Moz Blog, dalam tulisannya Should I Change My URLs for SEO?Secara strruktur URL mungkin bisa saja dengan URL panjang dengan penerapan keyword yang panjang, namun dampak dari penggunaan URL yang panjang akan tidak terlihat secara keseluruhan di mesin pencari dan juga akan terpotong waktu Anda share di sosial media, susah untuk dihapal dan diingat oleh orang, ketika seorang ingin melakukan copy link dari URl blog panjang Anda ada yang terpotong, dan secara tidak langsung ini akan merugikan blog Anda.

# Penempatan Kata Kunci di awal paragraf

Ada juga yang merekomendasikan untuk menyimpan kata kunci di 150 huruf pertama. Cara ini masuk akal karena ada sumber yang menyebutkan cara kerja spider google membaca blog dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.

# Membuat Konten Berkualitas

Buatlah artikel berkualitas sebagai penunjang atau informasi pendukung situs anda. Artikel berkualitas bisa berupa halaman awal situs atau halaman penjelasan produk maupun penjelasan profile dari perusahaan anda. dan jangan lupa memberikan tag H1, H2, H3 dan seterusnya. Teknik ini berkaitan dengan cara search engine akan membaca situs anda.

Baca juga Algoritma Google Tahun 2011 Sampai 2016 untuk mendapatkan stategi khusus optimasi SEO Onpage

Cara Mengoptimalkan SEO Offpage

Untuk mengoptimalkan SEO Offpage di butuhkan waktu yang lumayan lama. karena tugas kita lebih banyak menyebarkan link yang berasal dari situs kita yang kemudian memancing pengunjung datang untuk melihat konten anda. meskipun banyak cara yang bisa kita tempuh , anda harus lebih berhati hati terhadap predikat sebagi spamer.

jika situs anda tidak bisa bersaing di search engine dalam waktu yang singkat, lebih baik anda menggunakan metode ini sebagai cara lain mendatangkan pengunjung. kata kunci yang di target adalah kata kunci yang populer, namun bila kata kunci kita tidak populer, mugkin visitor pun enggan untuk melihat artikle anda.

Sosial Bookmark

dalam teknik ini, anda meninggalkan link yang mengarah ke situs kita dan ada baiknya berinteraksi kepada sesama pengguna sosial bookmark ini. Dengan begitu visitor pun akan memperoleh sedikit informasi yang kemudian datang ke situs anda sebagai pelengkap informasi yang anda bahas. Anda bisa menggunakan sosial bookmark seperti facebook,twitter, pinterest, digg,reddit, dll.

Manfaatkan Forum Diskusi

Forum merupakan tempat yang paling efektif mendapatkan pengunjung, salah satu caranya dengan memberi komentar pada thread dan tinggalkan signature yang berisi link aktif ke situs anda. selain itu anda perlu memperhatikan tempat pemilihan forum diskusi yang tepat, harus sesuai dengan pembahasan konten agar visitor melirik keberadaan komentar anda sebagai sumber informasi alternatif lainnya. forum diskusi yang dapat anda gunakan diantara lain kaskus, nyitnyit, ads id dan forum forum besar lainnya. jika anda tertarik menggunakan cara lain bisa baca artikle ini "Meningkatkan Visitor dengan Memanfaatkan Google Trends"

Baclink Natural dari artikle berkualitas

backlink natural adalah sebuah link yang bukan dibuat oleh anda, melainkan ketertarikan seseorang mengutip artikle anda serta menempatkan link sebagai sumbernya. Backlink tersebut ada karena pemilik website yang membuatnya menginginkan situs anda untuk menjadi referensi. dan hal tersbut dikatagorikan sebagai backlink berkualitas dan tentunya backlink tersebut tidak membuat blog anda di anggap sebagai spam oleh google mesin pencari. sedangkan untuk memaksimalkan backlink, anda dapa membaca artikle lain "Cara Praktis Memanfaatkan Backlink"


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.