Memperbaiki "Damaged SD Card" Tanpa Kehilangan Data dengan CMD

Baca Juga

Pernahkan anda mengalami kerusakan MMC atau SD card yang tidak bisa terbaca karena "Damage SD Card"? tentunya hal ini membuat data data anda hilang, jika di format. lalu bagimana cara memperbaikinya terlebih dahulu agar anda bisa menyelamatkan data sebelum memformat nya.

Dalam tutorial kali ini akan membahas cara memperbaiki SD card dengan menggunakan fitur CMD windows. alat yang di butuhkan adalah Card Reader, laptop atau CPU. setelah anda melengkapi perlengkapan tersebut, masukkan SD card ke Card reader dan masukkan ke usb cpu/laptop. untuk memulai CMD, anda harus Run as administrator terlebih dahulu, maka akan muncul kotak layar hitam. untuk langkah langkahnya silahkan baca petunjuk di bawah ini.

Memperbaiki SD Card dengan CMD

Gunakan perintah chkdsk /x /f volume usb:
catatan : untuk mengganti volume usb drive gantilah huruf  'volume usb' sesuai dengan tempat usb anda di komputer. contoh usb drive berada di 'L' maka perintah yang di gunakan chkdsk /x /f L:
jika semua sudah sesuai dengan volume drive usb di komputer anda, langkah selanjutnya klick enter
dan hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

kalautau.com - Memperbaiki SD card dengan CMD.png


langkah berikutnya adalah "copy semua file yang berada di SD card tersebut", agar anda tidak kehilangan datanya. hal ini bertujuan untuk melanjutkan langkah berikutnya dengan melakukan format agar SD card kembali normal.

Memformat SD Card Dengan CMD

jika anda sudah selesai membackup data SD Card, langkah selanjutnya membuat memori external anda menjadi normal dengan memformatnya. dalam tutorial kali ini akan menggunakan CMD sebagai  tool untuk memformat. caranya ikuti petunjuk di bawah ini.

Buka CMD dengan menggunakan Run as Administrator

kalautau.com - CMD dengan menggunakan Run as Administrator

Setelah itu akan muncul kotak hitam dan kemudian ketik FORMAT nama volume usb: / FS:FAT
catatan : pastikan volume usb sesuai dengan yang tampil di CPU anda, jika volume usb berada di 'L' maka perintah yang di gunakan FORMAT L: / FS:FAT. kalau anda tidak yakin jangan melakukan cara ini, agar anda tidak salah memformat.

kalautau.com - FORMAT SD Card dengan CMD

semoga tutorial di atas membantu anda memperbaiki SD card dan membuatnya kembali normal tanpa harus kehilangan data.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.