100% Gratis SSL Https Cloudflare Untuk Domain

Baca Juga

Dalam posting kali ini saya akan membagikan cara mendapatkan ssl gratis dari cloudflare. memang tidak semua orang menginginkan https ada di web mereka, tapi apa salahnya untuk mencoba gratisan yang satu ini.

sebelum membahas cara mendapatkan ssl gratis dari cloudflare, ada baiknya kita mengenal terlebih dulu manfaat ssl bagi web anda. agar ketika anda tidak asal asalan menggunakan ssl gratis ini.

Apa itu SSL dan manfaatnya

SSL singkatan dari Secure Socket Layer, dikenal dengan istilah Transport Secure Layer (TLS).  yaitu sebuah cara situs web mengencript sambungan aman dengan browser web milik pengguna. dengan adanya ssl tersebut menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser pengguna dan web server.

Manfaat SSL bagi web atau situs

Alasan utamanya adalah untuk menjaga informasi sensitif yang di enkripsi, saat proses pengiriman data dari Internet. dan dari situlah, hanya penerima pesan yang dapat memahami hasil enkripsi data tersebut. kalau di tanyakan mengenai penting tidaknya ssl masih relatif, akan sangat penting, jika web menjamin informasi yang dikirimkan melalui Internet aman, dan melindungi data selama proses perjalanan dari komputer anda sampai mencapai server tujuan. lebih banyak di gunakan untuk situs yang melakukan transaksi seperti toko online, sedangkan manfaatnya untuk blog, menimbulkan rasa aman bagi visitor saat menjelajahi web anda.

Sedangkan tujuan HTTPS adalah untuk mengantisipasi terjadinya eror program sebuah data dan kerusakan server akibat kegagalan koneksi yang disebabkan hacker yang tidak bertanggung jawab. Segala koneksi dari server akan di enskripsi oleh SSL sehingga muncul kode random pada web browser, hal ini membuat sulit untuk melihat data yang dikirimkan melalui web browser ke web server.

demikianlah pengertian dan manfaat ssl secara singkat.

kalautau.com - 100% Gratis SSL Https Cloudflare Untuk Domain

Cara mendapatkan SSL gratis dari Cloudflare beserta Cara konfigurasi

Apa itu layanan Cloudflare?

Cloudflare merupakan website yang memberikan layanan CDN dan security web berupa ssl. Setiap situs boleh mendapatkan layanan CloudFlare dengan free atau gratis. meskipun terbilang gratis, layanan yang diberikan Cloudflare tetap maksimal. 

CDN atau Content Delivery Network adalah sistem terdistribusi server, yang ada di berbagai lokasi data center internet, dengan tujuan untuk menyediakan konten yang cepat kepada visitor serta memberi perlindungan enkripsi data. CDN menyebarkan konten statis web keberbagai data center, ketika user meloading konten statis dari web (gambar, js, css, video, dll), user akan menerima konten dari lokasi terdekat dari CDN, bukan dari server web utama. pada akhirnya membuat loading website lebih cepat dibuka oleh setiap visitor dimanapun mereka berada serta menghemat bandwith situs yang di gunakan.

Cara Mendaftarkan SSL website atau blog di Cloudflare

Caranya cukup mudah kok, untuk mendapatkan layanan ssl gratis ini. hanya dengan mendaftarkan web/situs anda di https://www.cloudflare.com kemudian klick Sign up. jika anda kesulitan ikuti alur bawah ini.

1 anda harus sign up terlebih dahulu disini

kalautau.com - sign up cloudflare

2 jangan lupa check email anda untuk mendapatkan verifikasi dari cloudflare

kalautau.com - verifikasi email dari cloudflare

3 "add site" pojok kanan atas untuk memulai mendaftarkan, kemudian klick begin scan. tunggu sekitar 5 menit sampai proses scan selesai.

kalautau.com - add site cloudflare untuk memulai scan

4 akan muncul hasil scan berupa "DNS Records For kalautau.com " seperti gambar di bawah ini dan klick tombol "continue"

DNS Records For kalautau.com

5 anda akan diberikan pilihan berupa "Select a CloudFlare Plan", pilih yang Free dan kemudian klick tombol "continue"

kalautau.com - Select a CloudFlare Plan


6 langkah terakhir anda harus login ke dashborad penyedia domain anda, dan mengubah name servernya sesuai dengan tampilan yang tertera saat pendaftaran. contoh name server yang di blog saya.

kalautau.com - Change Your Nameservers cloudflare

7 Setelah anda mengganti nameserver di pengaturan domain anda, kita tunggu dahulu biasanya waktu peralihan name server agak lama, maksimal 2×24 jam. Jika website anda sudah bisa diakses menggunakan https:// berarti proses sudah berhasil dengan lancar.

Cara Setting Redirect otomatis http menjadi https cloudflare

jika anda tidak mau repot setting redirect di template blogger, lebih baik gunakan cara ini. fitur bawaan cloudflare "page rules" yang berfungsi meneruskan link http menjadi https. caranya anda klick tombol "page rules" yang letaknya di tengah atas menu. kemudian klick tombol "Create Page Rule" dan isikan dengan nama domain anda. seperti gambar di bawah ini

kalautau.com - cara setting cloudflare "page rules"

jika sudah terisi dengan nama domain anda klick tombol "save and deploy" dan hasil akhirnya seperti gambar di bawah ini

kalautau.com - cara setting cloudflare "page rules"

Permasalahan yang muncul setelah settingan SSL dan page rules

1. Blog menjadi error 404 atau 403 saat di akses melalui https
Tenang saja ini hal yang normal, mungkin name server domain dengan name server dari cloudflare belum terdirect dengan sempurna, ini butuh proses 24jam seperti yang tertera pada situs cloudlfare.

2. Situs tetap http://www
Situs anda belum terdirect ke https, coba ubah settingan di blogger dengan mencentang always direct to www pada settingan costum domain blogger anda.

3. Situs sudah berubah https namun tidak ada logo gembok hijau

Cara Encrypt situs anda dengan "Crypto" Cloudflare

anda juga harus memanfaatkan fitur ini agar web anda terlindungi dengan encript milik cloudflare. caranya anda klick menu "crypto" yang terletak di menu atas tengah, dan pada bagian SSL, Encrypt communication to and from your website using SSL pilih "flexible". contoh seperti gambar di bawah ini 
kalautau.com - pilihan ssl cloudflare

Berikut adalah penjelasan perbedaan pilihan off, flexibe, full dan full (strict)

kalautau.com - penjelasan pilihan ssl cloudflare


SSL flexibe: koneksi terenkripsi antara pengunjung situs Anda dan CloudFlare , tetapi tidak dari CloudFlare ke server Anda . Anda tidak perlu sertifikat SSL pada server Anda . Pengunjung tidak akan melihat ikon kunci SSL di browser mereka . 

SSL Full: Mengenkripsi koneksi antara pengunjung situs Anda dan CloudFlare , dan dari CloudFlare ke server Anda . Anda akan perlu memiliki sertifikat SSL pada server Anda . Namun , CloudFlare tidak akan berusaha untuk memvalidasi sertifikat.

SSL Full (strict) : Mengenkripsi koneksi antara pengunjung situs Anda dan CloudFlare , dan dari CloudFlare ke server Anda . Anda akan perlu memiliki sertifikat SSL yang sah diinstal pada server Anda , dan sertifikat harus ditandatangani oleh otoritas sertifikat terpercaya dan belum berakhir.

Aktifkan "Auto Minify" cloudflare untuk menambah kecepatan loading situs

Fitur ini berfungsi untuk mengkompress ukuran javascript, css, dan kode html yang ada di website anda agar bisa loading dengan lebih cepat dan ringan. caranya dengan pilih tombol"speed" yang letaknya pada bagian atas tengah menu. centang javascript, css dan HTML. Untuk memastikan settingan ini bisa berjalan sempurna dan cocok dengan script javascript, css atau html yang anda miliki, aktifkan ketiga fitur dan lihat website anda. 

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.