Menghitung Berat Badan Ideal dan Penyebab Obesitas

Baca Juga

Apakah setiap orang yang gemuk di katakan sebagai penderita obesitas? Dari hasil penelitian para ahli, menegaskan bahwa orang yang memiliki berat badan di atas normal, sudah memiliki bibit obesitas. Dari pernyataan diatas, dapat di simpulkan bahwa ciri berat badan yang berlebihan merupakan awal mula gejala obesitas.

Kalautau.com - Caritau Gejala Obesitas Sejak Dini

Definisi Obesitas

Pengertian obesitas adalah Memiliki penumpukan lemak tubuh dalam jumlah yang berlebihan. Berat badan berlebihan ternyata berakibat fatal bagi kesehatan. Hal tersebut di Karenakan resiko datangnya penyakit lain lebih besar, diantaranya terserang penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi dan penyempitan saluran darah. Menjadi semakin gemuk, berarti memperbesar resiko terkena penyakit.

Cara menghitung Berat Badan Ideal

Metode yang paling mudah untuk menghitung berat ideal dengan rumus dibawah ini.

Berat Badan Ideal = Berat Badan Kg / Tinggi badan dalam satuan meter x Tinggi badan dalam satuan meter

Contoh : 70kg : (1.50m x 1.50m) = 31.1

Hasilnya dapat Anda cocokkan dengan kriteria dibawah ini:

Standar BMI Untuk Wanita

Kurang dari (<18) = Anda kekurangan berat badan/kurus
18 - 25 = Berat badan normal atau ideal
25 - 27 = Anda kelebihan berat badan
28 - 32 = kategori Obesitas tingkat 1
33 - 37 = Obesitas tingkat 2
> 38 = Obesitas tingkat 3

Standar BMI Untuk Pria

Kurang dari (<17) = Anda kekurangan berat badan/kurus
17 - 23 = Berat badan normal atau ideal
23 - 27 = Anda kelebihan berat badan
28 - 34 = Obesitas tingkat 1
35 - 39 = Obesitas tingkat 2
> 40 = Obesitas tingkat 3

Penyebab Obesitas

Banyak faktor yang menyebabkan obesitas, diantaranya faktor genetis, perubahan hormonal tubuh serta malas beraktifitas.

Kurang aktifitas

Saat anda melakukan aktifitas, maka kalori pun ikut terbakar. Bagaimana dengan anda yang kurang aktifitas, tentunya hal tersebut membuat kalori tidak terpakai dan menyebabkan penumpukan kalori berupa lemak. Seharusnya perlu di imbangi dengan olahraga teratur, agar kalori yang menumpuk dalam tubuh tidak menjadi lemak.

Menu Makan Kalori tinggi

Penyebab obesitas terletak dari makanan dan minuman yang berkalori tinggi diantaranya fast food atau pun minum minuman manis. Para peneliti mengatakan "porsi makanan yang tidak tidak sesuai kebutuhan tubuh, menyebabkan timbulnya bibit obesitas" hal tersebut di teliti dengan menggunakan sample makanan minuman berkalori tinggi. Dalam hal ini, anda diharapkan lebih bijak untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda sesuai dengan porsinya.

Kurang Tidur

Tidur kurang dari 7 jam membuat perubahan hormon merubah nafsu makan.
Hal ini diperkuat saat anda bergadang, maka membuat tubuh merasa lapar. Jika hal tersebut memancing anda untuk memakan camilan serta meminum kopi manis, bisa di pastikan tubuh kita kelebihan kalori. Yang tentu saja membuat berat tubuh menjadi naik drastis.


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.