Caritau Algoritma Google Tahun 2011 Sampai 2016

Baca Juga

Jika berbicara tentang algoritma google, anda akan di hadapkan berbagai hal tentang optimasi seo. hal ini sangat terasa sekali bagi situs situs besar yang dulunya sering bertengger di puncak SERP google, bisa terperosok jatuh karena tidak sesuai dengan algoritma google. situs situs besar saja bisa terperosok, apalagi dengan situs situs pemula yang minim akan pengalaman optimasi seo.

Memang saya tidak tau banyak tentang algoritma google, namun saya tidak mau ketinggalan informasi yang bersangkutan tentang peringkat SERP di google. dari pengalaman itulah inisiatif untuk caritau muncul, dan akhirnya mendapat beberapa ilmu yang bisa saya bagikan di blog ini.

langsung saja ke topik utama, pembahasan tentang perkembangan algoritma google mulai tahun 2011 sampai 2016. yang sangat berpengaruh terhadap peringkat serp google serta mempengaruhi trafik visitor organik dari mesin pencari.

kalautau.com - Algoritma Google Tahun 2011 Sampai 2016

Perkembangan Algoritma Google Dari Tahun 2011 - 2016

Algoritma Google Panda di tahun 2011

algoritma panda mulai di luncurkan sekitar bulan februari tahun 2011. Perubahan besar terjadi di serp google, diantaranya banyak situs situs besar yang terperosok jauh dari serp dan bahkan ada yang di hapus dari serp google. perubahan tersebut bersangkutan tentang algoritma panda yang menyeleksi backlink yang tidak wajar serta konten konten artikle yang tidak berkualitas. dengan kata lain google mulai menata peringkat serp berdasarkan konten yang berkualitas akan memuncak'i page one google. hal ini berkaitan erat dengan duplikat konten (yang di sebabkan copy paste), serta situs yang memiliki konten lemah akan sulit mendapat tempat di mesin pencari.


untuk itu banyak pakar seo yang merubah cara optimasi situs mereka, mulai dari fokus terhadap beberapa konten saja dan mempertajam konten mereka. sungguh perubahan besar terjadi saat algoritma panda di luncurkan yang mengutamakan konten sebagai acuannya.

Algoritma Google Penguin di tahun 2012

Algoritma ini mulai dikenalkan sekitar tahun 2012 tepatnya bulan april. algoritma ini diluncurkan untuk menyeleksi relevansi backlink terhadap konten yang ada di situs dengan backlink yang tertanam di situs yang relevan. hal ini bertujuan untuk menghilangkan spam backlink yang tidak wajar. dari sanalah mulai muncul persepsi bahwa backlink yang berjumlah ribuan belum tentu menduduki peringkat pertama Serp google.

sebagai bahan pertimbangan, mulailah menggunakan backlink yang natural dan wajar, agar terhindar dari penalti serp. yaitu dengan cara mulai mencari backlink yang sesuai dengan konten pembahasan situs anda agar terlihat relevan di mata search engine. serta Perhatikan otoritas domain untuk membuat backlink karena otoritas domain adalah ukuran atau barometer google menentukan kualitas konten situs anda

Algoritma google hummingbird di tahun 2013

algoritma ini mulai di luncurkan pada akhir tahun 2013 yaitu bulan september 2013. perubahan algoritma hummingbird  memang tidak terlalu mencolok, namun lebih memahami pencarian pengguna untuk mendapatkan konten yang baik, pasti anda bingung kan. artinya begini, serp akan menyeleksi kemiripan keyword yang diminta pengguna google berdasarkan kata kunci yang mereka cari. sebagai contoh pencarian kata kunci "restoran terdekat", maka serp akan memprioritaskan kata kunci restoran berdasarkan lokasi terdekat dari pengguna. meskipun ada banyak restoran besar yang ditampilkan, namun google akan memberi prioritas utama terhadap restoran terdekat dari lokasi pengguna serp. selain itu algoritma hummingbird lebih memaksimalkan manfaat google voice untuk mempermudah pengguna  terhadap efesiensitas pencarian.

untuk mendapatkan posisi puncak serp cobalah membuat konten yang detail dengan menggunakan istilah yang lazim atau bisa di mengerti oleh pengguna bukan robot. Konten yang mendetil dan berguna bagi pembaca lebih mendominasi peringkat 5 besar.

Tidak ada salahnya jika anda mencoba Meningkatkan Visitor dengan Memanfaatkan Google Trends

Algoritma google di tahun 2014 - 2015

Dalam hal ini google lebih banyak melakukan update algoritma sebalumnya mulai dari panda, penguin dan hummigbird. perubahan tersebut melingkupi Authorship Photo, Update HTTPS/SSL, layout, dan google box. sebenarnya banyak update yang di lakukan google selama 2014-2015 tapi saya hanya menyebutkan perubahan perubahan besar saja.

a. Authorship Photo

Google menghilangkan fitur Authorship Photo dari laman hasil pencarian. Seluruh foto penulis konten yang diperoleh dari profil Google plus tak lagi muncul di search engine.

b. Update HTTPS/SSL

Google mengumumkan bahwa mereka lebih memprioritaskan hasil pencarian bagi situs-situs yang dienkripsi dengan HTTPS/SSL.

c. Layout

Google memfilter tata letak laman website, terutama memberikan penalti pada situs yang diidentifikasi sebagai "top heavy" halaman terlalu banyak iklan.

d. Google box

Google menggantikan the new box pada pencarian search engine. Perubahan mendatangkan kekecewaan para publisher pemula, karena box yang ditampilkan hanya kepada website besar seperti reddit , youtube , facebook ,twitter dan lain lain.

Algoritma Google Mobile Tahun 2015 - 2016

Algoritma Mobilegeddon diluncurkan pada bulan april 2015, algoritma ini memperluas penggunaan ponsel sebagai perangkatnya (pengalaman pengguna dan hasil pencarian versi mobile). dengan demikian situs blog yang responsive adalah kewajiban untuk memenuhi hasil pencarian mobile. kini saatnya anda menggunakan theme user mobile untuk mengantisipasi dari update algoritma google Mobilegeddon. dan sampai tahun 2016 google memanfaatkan situs mobile-friendly pada pencarian mobile. bagi situs anda yang belum responsive atau tidak mendukung layout mobile friendly, sebaiknnya cepat lakukan perubahan agar situs anda bisa lebih di sukai Serp Google.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.