AC Tanpa listrik terbuat dari botol bekas

Baca Juga

Jika anda menggunakan AC yang memakai daya dari listrik merupakan hal yang sudah umum kita ketahui. namun bagimana dengan AC yang terbuat dari botol bekas, yang bisa anda manfaatkan ketika suhu ruangan terasa panas. 

begitu juga dengan kipas angin yang sering anda gunakan untuk mengurangi rasa panas tetap menggunakan sumber listrik sebagai penggerak kipas, tentu hal ini akan merepotkan juga kan ketika mati lampu atau listrik masuk di daerah anda.

Berapa hal bisa anda manfaatkan dengan botol bekas yang tidak terpakai di rumah. tutorial ini saya dapatkan dari youtube "the zero electricity air cooler".

kalautau.com - AC Tanpa listrik dari botol bekas

Dasar Penemuan AC Tanpa listrik dari botol bekas

mengeluarkan udara dari mulut terbuka menimbulkan hangat

mari kita melakukan percobaan pertama dengan cara mengeluarkan udara dari mulut kita dengan posisi mulut terbuka. kemudian rasakan hembusan udara yang menerpa telapak tangan anda dan anda akan merasakan udara yang hangat.

kalautau.com - mengeluarkan udara dari mulut terbuka menimbulkan hangat

mengeluarkan udara dari mulut yang mengatup memberi sejuk

setelah anda melakukan percobaan pertama, bandingkan dengan percobaan kedua yaitu menggunakan mulut yang mengatup serta meniupkan angin ke telapak tangan anda. rasakan perbedaan udara yang menerpa tangan anda dan hasilnya udara lebih dingin.

kalautau.com - mengeluarkan udara dari mulut yang mengatup memberi sejuk


dari kedua percobaan tersebut kita bisa membedakan suhu udara yang keluar dari mulut kita. udara yang keluar dari mulut terbuka akan memberi rasa hangat, sedangkan mulut yang mengatup memberi udara yang lebih dingin.

Cara Membuat AC Tanpa listrik dari botol bekas

Menurut Ahli fisika " udara yang kosong jika di tekan akan menghasilkan hawa dingin ". karena teori itulah ashis (gadis asal india pencinpta AC dari botol bekas) akhirnya bereksperimen.

cukup dengan bermodalkan triplek atau ketas karton yang keras, dan membuat lingkaran sesuai dengan lebar botol bekas seperti gambar di bawah ini.

kalautau.com - Cara Membuat AC Tanpa listrik dari botol bekas, langkah 1

kemudian memotong bagian tengah botol seperti gambar di bawah ini.

kalautau.com - Cara Membuat AC Tanpa listrik dari botol bekas, langkah 2

memasang botol di triplex atau kertas karton tebal yang sudah di bolongi dan di kunci dengan tutup botol

kalautau.com - Cara Membuat AC Tanpa listrik dari botol bekas, langkah 3

jika botol yang terpasang sudah banyak

kalautau.com - Cara Membuat AC Tanpa listrik dari botol bekas, langkah 4

kemudian letakkan di jendela atau di tempat keluar masuknya udara.

kalautau.com - Cara Membuat AC Tanpa listrik dari botol bekas, langkah 5

bukti kalau AC tanpa listrik ini bisa menurunkan suhu sampai 5 derajat.

kalautau.com - AC tanpa listrik ini bisa menurunkan suhu sampai 5 derajat.

Jika anda ingin hemat dan memanfaatkan botol botol bekas yang ada di sekitar anda, ada baiknya untuk di coba dan anda akan merasakan nikmatnya sejuk nya udara dari hasil karya tangan anda. jika informasi ini bermanfaat luangkan waktu sebentar untuk share di media sosial anda.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.