Wajan dan Tungku Raksasa Kuno Purworejo Kutoarjo

Baca Juga

Kelurahan Kutoarjo, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dihebohkan penemuan benda menyerupai wajan berukuran raksasa dari dalam tanah. wajan raksasa ditemukan saat pemilik lahan hendak memperluas rukonya. Dia dan pekerja kaget karena ada benda mirip wajan di kedalaman 90 centimeter.

Pawit adalah tukang bangunan yang mendapatkan tugas pagi itu menggali tanah membuat fondasi. "Belum ada 1 meter, pawit menggali tanah, tiba-tiba cangkul yang dia gunakan membentur benda keras dan mengeluarkan suara keras. Awalnya, pawit pikir membentur batu di dalam tanah. Tapi setelah dia amati dan raba dengan tangan, ternyata benda itu seperti besi yang lebar."

Pemilik rumah Widodo mengaku tidak tahu menahu asal benda mirip wajan berukuran besar itu. Widodo hanya menceritakan membeli rumah itu sekitar 10 tahun lalu dari seorang warga keturunan Tionghoa. "Saya tidak tahu asal wajan itu. Tahunya ya barusan saat pekerja saya menggali tanah untuk fondasi ternyata ada wajannya," kata Widodo. Selain wajan, ditemukan pula tungku untuk perapian di dalam tanah.

kalautau.com - Wajan dan Tungku Raksasa Kuno Purworejo Kutoarjo


Wajan dan Tungku Raksasa Kuno

Tri menjelaskan, tim BPCB terdiri dari arkeolog, fotografer, ahli sejarah, dan bidang terkait. Selain meneliti wajan, mereka akan menelusuri jejak sejarah di lokasi. Bisa jadi, lokasi pernah digunakan sebagai kegiatan tertentu oleh orang-orang terdahulu.
Diameter wajan 270 cm
Ketinggian 90cm
Ketebalan 2 cm terbuat dari baja, dan Berat kurang lebih 1 ton

Dari mana asal usul kedua temuan ini? Diduga wajan raksasa beserta bangunan tungku minyak tersebut merupakan peninggalan kuno pabrik yang sudah ratusan tahun.

"Sebelum mengerjakan ruko bangunan ini juragan Toko ABC sebelah bilang, katanya ketika kecil pernah dikasih tahu pemilik bangunan jika ada wajan terpendam dalam tanah," paparnya.

Meski demikian, Mijan dan beberapa warga sekitar selama tinggal di tempat itu tidak pernah mendengar informasi penggunaan wajan raksasa itu pada zaman dulu.

"Namun apa fungsinya, apakah ada keterkaitan dengan sejarah Purworejo atau kehidupan Kutoarjo masa lalu, kami belum tahu dan masih harus dikuak," ujarnya.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.