Caritau Trypophobia, Takut Lubang Kecil

Baca Juga

Trypophobia adalah rasa takut yang berlebihan terhadap lubang kecil atau bentuk lain yang simetris. Lubang yang dimaksud disini adalah lubang-lubang kecil yang terdapat pada tanaman, seperti kepala bunga teratai atau gelembung dalam adonan, lubang seperti sarang lebah,yang kesemua itu menghadirkan trypophobics berupa kegelisahan secara ekstrim, sehingga mampu memicu reaksi secara fisik seperti kulit gatal, mual dan perasaan ketidaknyamanan dan reaksi mental dengan tiba tiba merasa panik tidak terkendali, sampai lemas.

Apakah anda termasuk penderita Trypophobia?

Untuk mengetahui lebih lanjut sejauh mana anda takut phobia ini coba kita lihat gambar gambar berlubang kecil yang ada di bawah ini. Jika anda merasa tidak nyaman, jijik bahkan mual dan lemas. Dapat di pastikan anda salah satu penderita tryphophobia. Dan jika anda tidak kuat untuk melihat gambar ini lebih baik anda abaikan saja. Gambar yang di pilih di sini adalah gambar gambar lubang kecil yang tidak membuat anda terlalu geli atau takut. 

kalautau.com - Caritau Trypophobia, Takut Lubang Kecil

kalautau.com - Caritau Trypophobia, Takut Lubang Kecil

kalautau.com - Caritau Trypophobia, Takut Lubang Kecil

kalautau.com - Caritau Trypophobia, Takut Lubang Kecil

Jika anda merasa gambar di sini tidak terlalu menakutkan cobalah lihat gambar yang di sini

Penyebab Trypophobia

Rasa takut terhadap suatu hal memang bisa berasal dari mana saja. Secara teknis, hampir semua hal yang menimbulkan reaksi jijik, geli dan juga rasa takut disebabkan karena perasaan trauma atau perasaan takut jika terjadi pada tubuh kita.
Rasa takut yang timbul akibat melihat benda penuh lubang kecil pada penderita Trypophobia adalah reaksi bawah sadar yang terjadi karena rasa takut mengalami penyakit tertentu pada dirinya. Contohnya adalah ketakutan terhadap penyakit cacar air yang membuat kulit meninggalkan bekas luka atau bahkan Keloid yang mengerikan. Dari contoh di atas dapat di ketahui bahwa penderita trypophobia di sebabkan karena pikiran negatif terhadap tubuh anda untuk menghindari atau tidak menghendaki penyakit tersebut ada di kulit anda. 

Cara menghindari Trypophobia

Pada umumnya untuk mengobati penderita Trypophobia tidak ada obatnya melainkan dengan cara merubah pola pikir terhadap sesuatu yang berlubang. Selain itu cara efektif terhindar dari trypophobia dengan cara mengatur emosional menggunakan terapi perilaku, hipnoterapi, dan konseling.

Mengobati Trypophobia bisa dilakukan dengan berusaha mengurangi rasa takut dan menghindari bentuk pemicu Trypophobia. Kalau pun anda ingin mencoba di rumah, cara yang paling mudah yaitu dengan cara bermain busa sabun. Sesekali anda mengamati dengan teliti gelembung gelembung kecil busa di tangan anda. Lalu cobalah untuk mengganti warna busa yang lain (merah,kuning dan hijau) agar kesan takut terhadap lubang kecil semakin berkurang. 

Cara lain yang bisa anda praktekkan yaitu bermain styrofoam dan melubanginya kecil kecil dengan lidi atau tusuk gigi. Lalu bisa dengan bermain batu apung yang memiliki lubang lubang kecil. Jika anda mulai merasa nyaman, sesekali lihatlah gambat gambar yang berlubang kecil namun bayangkan bahwa anda sedang bermain styrofoam atau saat bermain busa sabun.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.