Caritau nama ruang perawatan di rumah sakit

Baca Juga

Ruangan UGD/IGD, ICCU, ICU, NICU, HCU, PICU dan lain lain. Ada yang tau singkatannya apa? Jika anda pernah berada di rumah sakit atau saat berkunjung sanak saudara yang sakit tentunya anda akan dihadapkan banyak nama ruangan ruangan di atas tadi. Mulai dari ruangan operasi sampai ruangan perawatan. Taukah anda bahwa setiap ruangan memiliki singkatan sigkatan yang terkadang belum kita ketahui. 

Pemberian nama ruangan di rumah sakit bukan asal asalan semaunya sendiri lho, semuanya di atur oleh ISO. ISO merupakan International Standardization Organization yaitu organisasi atau asosiasi global yang terdiri dari badan badan standarisasi nasional. Dari sanalah penamaan ruang di setiap rumah sakit pasti sama. Untuk lebih lanjut, kita cari tau nama singkatan beserta fungsi ruangan di rumah sakit.

kalautau.com - Caritau nama ruang perawatan di rumah sakit

Nama ruang perawatan rumah sakit beserta fungsinya

UGD / IGD

Singkatan dari "Unit/instalasi Gawat Darurat". Ruangan ini merupakan ruangan tempat pertolongan pertama untuk memperoleh tindakan. misal kecelakaan, serangan jantung mendadak, atau orang yg kesadarannya menurun. Petugas yang berjaga di UGD : Dokter Umum, Perawat bersertifikat ATLS / ACLS (Advance Trauma Life Support dan Advance Cardiac Life Support). UGD / IGD terbagi atas Triase Observasi, Resusitasi, Bedah kecil. 

NICU 

Singkatan dari "Neonate Intensive Care Unit".
Ruangan ini merupakan unit perawatan intensif untuk bayi baru lahir ( neonatus ) yang memerlukan perawatan khusus misalnya berat badan rendah, fungsi pernafasan kurang sempurna, prematur, mengalami kesulitan dalam persalinan, menunjukkan tanda tanda mengkuatirkan dalam beberapa hari pertama kehidupan.

ICU

Singkatan dari "Intensive Care Unit".
Ruangan ini merupakan ruang perawatan intensif dengan peralatan khusus dan staf khusus untuk menanggulangi pasien gawat karena penyakit, trauma atau komplikasi lain. Pasien yang kondisi kesadarannya rendah / perlu di observasi secara ketat. Dimana seluruh pasien menggunakan Bedside Monitor / Patient monitor yang tersambung ke Central Monitoring (ICU Nurse Station) sehingga bila terjadi perubahan tanda vital pada pasien, bisa segera dilakukan tindakan.

ICCU

Singkatan dari "Intensif Coronary Care Unit"
Merupakan unit perawatan intensif untuk penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner, serangan jantung, gangguan irama jantung yang berat, gagal jantung (ruang yang diperuntukkan bagi pasien yang memiliki masalah berat atau penyakit kritis pada jantung)

HCU

Singkatan dari "High Care Unit"
Adalah ruang perawatan pasien ICU yang dianggap sudah menunjukkan perbaikan tetapi masih dalam pengawasan ketat. suatu tempat khusus dalam suatu rumah sakit yang memberikan pelayanan secara intensif untuk pemantauan fungsi vital secara terus menerus dalam 24 jam. Perawatan intensif ini dapat memperbaiki dan mempertahankan kelangsungan hidup seseorang.

PICU

Singkatan dari "Paediatric Intensive Care Unit".
Merupakan unit perawatan intensif untuk anak anak. Ruang perawatan intensif untuk bayi (sampai usia 28 hari) dan anak-anak yang memerlukan pengobatan dan perawatan khusus, guna mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ-oragan vital.

OK

Singkatan dari "Operatie Kamer" atau Ruang Operasi di rumah sakit biasa di bagi menjadi dua, yaitu ruang operasi major dan minor. Di ruang operasi juga tersedia ruang recovery (pemulihan) dan CSSD (Central Sterile Supply Dept) untuk mensterilkan alat-alat/ instrumen operasi.

Ruang Radiologi

Ruang Radiologi memiliki alat untuk memeriksa bagian dalam anggota organ pasien. Cth radiologi : X-Ray Rontgen, CT-SCAN / MSCT-SCAN, MRI.

IW

Singkatan dari "Intermediate Ward"
Merupakan ruang perawatan intensif setelah HCU sebelum bisa dipindahkan ke kamar perawatan biasa.

VK

Singkatan dari "Verlos Kamer" atau ruang bersalin, yang berfugsi untuk ruangan proses melahirkan secara normal

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.