Caritau Ada Apa dengan Brexit dan Uni Eropa

Baca Juga

Dalam beberapa hari ini sering muncul di televisi tentang pemberitaan Brexit, yaitu berita tentang keluarnya Inggris dari Uni Eropa. dan tepat pada tanggal 23 juni 2016 Inggris menyatakan keluar dari Uni Eropa hal ini termasuk sejarah besar bagi bangsa Inggris. hal ini diperkuat dengan jumlah poling sekitar 34 juta suara dengan hasil polling pro Brexit sekitar 17 juta dan yang menginginkan tetap bergabung dengan Uni Eropa sekitar 14 juta suara.

Apa itu Brexit?

Brexit adalah sebuah singkatan British exit atau Britain Exit dari Uni Eropa yang artinya merekomendasikan peluang keluarnya Inggris dari Uni Eropa. yang menyatakan bahwa banyak rakyat Inggris tidak menyukai keanggotaan Inggris di Uni Eropa. sebagian warga Inggris menilai Uni Eropa sudah banyak berubah. Mereka berpikir banyaknya negara yang menjadi anggota, Uni Eropa cenderung mengontrol semua aspek dari negara-negara tersebut. definisi Brexit masih sangat dangkal. Beberapa kritikus di Uni Eropa mengatakan, Inggris berpotensi akan meninggalkan blok yang selama ini menjadi pasar tunggal di kawasan tersebut.

kalautau.com - Ada Apa dengan Brexit dan Uni Eropa

Asal Mula Brexit

Terhitung tahun 1973, Inggris resmi bergabung dengan Uni Eropa, yang awalnya bernama EEC (Masyarakat Ekonomi Eropa) . Sampai pada tahun 2015, Partai Konservatif menang di pemilu 2015 mengangkat kembali pembahasan referendum di Keparlemenan Inggris. 
Lalu, muncul dua kubu di tengah warga Inggris, yaitu pro Uni Eropa dan Brexit. Warga Inggirs merasa Uni Eropa mengancam kedaulatan, regulasi, dan imigrasi di Inggris. Sedangkan, yang Pro Uni Eropa Berpendapat Uni Eropa menjamin kedamaian, perekonomian, dan kesatuan Inggris dengan Eropa. Pendukung Brexit kebanyakan datang dari Partai Konservatif yang sejak dulu menentang keanggotaan Uni Eropa.

Apa itu Uni Eropa?

Uni Eropa atau UE adalah organisasi antar bangsa, yang beranggotakan negara-negara Eropa. terhitung mulai tanggal 1 Juli 2013 telah memiliki 28 negara anggota. Persatuan ini didirikan di bawah Perjanjian Uni Eropa (yang lebih dikenal dengan Perjanjian Maastricht) pada 1992.

Peranan Uni Eropa Terhadap Anggotanya

Uni Eropa melayani seluruh kepentingan anggota Uni Eropa di seluruh dunia dan di lima pusat organisasi internasional dengan cara:
  1. Menjelaskan, dan melaksanakan kebijakan Uni Eropa
  2. Melaporkan dan Menganalisa kebijakan dan pembangunan negara anggota Uni Eropa
  3. Melakukan perundingan sesuai dengan persetujuan yang diberikan.

Penyebab Inggris ingin keluar dari Uni Eropa?

  1. Perdagangan Inggris mengalami defisit dengan negara-negara anggota Uni Eropa yang dirata-rata 30 juta poundsterling per hari.
  2. Departemen Kehakiman Federal Jerman Menganalisa bahwa 84% dari undang-undang yang berasal dari Uni Eropa, bukan dari domestik Inggris.
  3. Inggris bebas menegosiasikan perjanjian perdagangan yang jauh lebih liberal dengan negara-negara dunia ketiga daripada di Uni Eropa 
  4. Jika berada diluar Kebijakan Perikanan Umum UE, Inggris bisa mengembalikan kendali atas perairan hingga 200 mil dari garis tengah. Inggris pun dapat mengambil sekitar 65 persen saham Laut Utara.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.