Asal Mula Kalkulator dan Perkembangannya

Baca Juga

Siapa yang tidak mengenal kalkulator, Kalkulator yang dulu kita tau  adalah barang elektronik yang berbentuk kotak, memiliki tombol tombol angka dan memiliki . kalkulator saat ini sering kita temui di gadget, komputer dan jam tangan, berupa aplikasi tambahan. dalam kegunaan nya, kalkulator berguna untuk mempercepat proses penghitungan. kita sangat sering melihat penggunaan kalkulator di tempat jual beli, karena dengan adanya kalkulator, membuat orang lebih cepat dan akurat untuk menghitung nominal jual beli. dalam artikel kali ini kita akan membahas asal mula kalkulator dan perkembangan nya.
kalautau.com - kalkulator


Cari Tau Apa Itu Kalkulator?

Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu.

Asal Mula Kalkulator?

Ternyata Kalkulator sudah ditemukan sejak beberapa abad silam lebih tepatnya sekitar tahun 1623-1662, Jangan bayangkan kalkulator dulu wujudnya seperti kalkulator modern yang bisa digunakan dalam genggaman tangan. Kalkulator perdana lebih menyerupai mesin ketik dan fungsinya terbatas untuk penghitungan sederhana. Walau begitu, mesin penghitung dianggap sebagai kalkulator mekanik pertama yang sukses digunakan secara komersial.

kalautau.com - Penemu kalkulator Pertama kali

Penemu kalkulator

Penemu kalkulator adalah Blaise Pascal, Seorang ahli Matematika, Fisika, penulis, sekalipun sebagai ahli filsafat Katolik terkemuka. dalam pendidikan nya, pascal tidak menempuh pendidikan formal. Karena kejeniusan nya, Blaise Pascal baru berusia 12 tahun mempu menciptakan mesin penghitung yang bertujuan untuk membantu pekerjaan ayahnya sebagai tukang pajak di prancis. selain itu, Pascal juga menemukan sebuah rumus Matematika yang dikenal sebagai rumus Segitiga Pascal. nama kalkulator yang kita kenal sekarang, dulunya bernama Pascaline, Mesin hitung yang mampu melakukan penjumlahan, pengurangan dan pembangian bilangan secara cepat dan tepat. akhirnya Pascal memperkenalkan mesin pertamanya ke hadapan public pada 1645. Ia mendedikasikan temuannya kepada Pierre Sequier, Kanselir dari Perancis pada saat itu. Selama dekade berikutnya, Pascal menghasilkan lebih dari 20 mesin.

kalautau.com - Bentuk kalkulator Pertama kali

Perkembangan Kalkulator

Dalam penemuan awalnya Alat ini menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan angka hingga delapan digit. alat ini hanya dapat digunakan untuk penjumlahan saja. Selanjutnya, seorang matematikawan dan filsuf Jerman bernama Gottfred Wilhem von Leibniz mengembangkan kalkulator yang ditemukan oleh Pascal. Kalkulator ini mampu mengoperasikan perkalian. Kalkulator ini kemudian berkembang menjadi kalkulator mekanik yang dapat melakukan empat fungsi aritmetik dasar, yaitu penjumlahan, perkalian, pengunrangan, dan pembagian. Charles Xavier Thomas de Colmar- lah penemu alat ini pada masa Perang Dunia I.

kalautau.com - Bentuk kalkulator Pertama kali

Perkembangan kalkulator dari tehun ke tahun

  1. Pada tahun 1963 perusahaan asal Inggris, Bell Punch dan Sumlock-Comptometer mengenalkan kalkulator bertenaga listrik. 
  2. Pada tahun 1963, perusahaan asal Jepang menyempurnakan alat hitung tersebut dengan menambahkan komponen baru bernama transistor. Dengan adanya transistor, selain ukurannya dapat dibuat lebih kecil, kalkulator ini juga memiliki komputasi yang lebih baik dari produk pendahulunya.
  3. Tahun 1969, perusahaan Jepang mengembangkan kalkulator berbasis chip. 
  4. Tahun 1970, produk ini dikembangkan agar dapat beroperasi menggunakan baterai yang dapat diisi ulang. Kalkulator ini semakin kecil ukurannya sejak ditemukannya teknologi Liquid Crystal Display (LCD). 
  5. Pada tahun 1976 kalkulator dengan LCD dan baterai mini mulai diproduksi dan dipasarkan. 
  6. dan hingga saat ini kalkulator di kenal sebagai aplikasi yang merupakan fitur tambahan yang terdapat di gadget, komputer dan jam tangan
Kini, kalkulator mekanik memang tinggal sejarah seiring proses kalkulasi yang semakin maju. Bahkan, kita tidak perlu lagi secara khusus membeli kalkulator, karena alat hitung tersebut sudah tersedia dalam bentuk peranti lunak.
Meski kalkulator mekanik tidak lagi digunakan, terobosan yang dibuat oleh Burroughs untuk membantu kita menghitung tidak akan dilupakan begitu saja. Tanpa kegigihannya, kita mungkin tak akan mengenal alat pintar bernama kalkulator.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.