Kenapa Sakit Kepala Setelah Kehujanan

Baca Juga

Dalam penelitian, belum ada yang memberikan data hubungan flu atau pilek yang disebabkan karena hujan. Namun ada beberapa hal yang dapat di jelaskan yaitu saat kehujanan maka akan terpapar oleh suhu dingin yang mendadak. Air hujan ini akan membuat suhu tubuh menjadi lebih dingin terutama kepala sehingga membuat tubuh akan berusaha mengeluarkan energi agar mengurangi rasa dingin, hal ini yang membuat orang menjadi sakit kepala.

kalautau.com - Air hujan ini akan membuat suhu tubuh menjadi lebih dingin terutama kepala

Penyebab sakit kepala setelah kehujanan?

Perubahan suhu tubuh dingin yang mendadak akan menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang, hal ini akan membuat seseorang lebih mudah terkena penyakit. Beberapa penyakit yang biasanya timbul akibat kehujanan yaitu sakit kepala atau pusing, flu baik akibat virus atau paparan udara dingin, rentan terkena penyakit infeksi menular dan tubuh yang basah serta pakaian yang lembab dapat menyebabkan gatal dan jamur di kulit.

Ketika air hujan turun dan mengenai tubuh, seluruh tubuh akan berada pada suhu yang lebih dingin apalagi pada bagian kepala, untuk mengurangi perasaan singin ini kemudian tubuh akan berusaha mengeluarkan enrergi yang lebih besar daripada biasanya. Hal ini kemudian bisa menjadi penyebab datangnya sakit kepala, flu bahkan membuat seseorang menjadi sakit.

Kandungan beberapa senyawa dan gas juga terdapat pada hujan yang turun, sehingga menjadikan udara memiliki sifat asam yang berlebih. Apabila hujan gerimis atau hujan rintik-rintik turun bisa membuat konsentrasi asam yang bersumber dari senyawa dan gas ini menjadi lebih besar, maka dari itu seseorang bisa sakit kepala atau pusing meskipun banya terkena gerimis.

mengapa hujan dapat menyebabkan sakit kepala ?

kalautau.com - gerimis menyebabkan konsentrasi asam dari gas dan senyawa semakin besar. Dan hal ini dapat memicu seseorang terserang penyakit
  1. Saat hujan suhu udara akan mengalami penurunan, ketika cuaca dingin virus lebih cepat menyebar dan menginfeksi satu sama lain, sehingga sistem kekebalan tubuh pun menurun.
  2. Hujan akan menyebabkan penurunan suhu tubuh terutama di sekitar kepala, sehingga tubuh akan mangeluarkan energi yang besar untuk mengatasi rasa dingin, hal ini dapat menimbulkan, atau memicu sakit kepala.
  3. Air hujan yang turun banyak mengandung senyawa-senyawa & gas sehingga air hujan bersifat asam, hujan rintik-rintik / gerimis menyebabkan konsentrasi asam dari gas dan senyawa semakin besar. Dan hal ini dapat memicu seseorang terserang penyakit.
  4. Tekanan udara yang rendah saat hujan/mendung juga turut menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga memicu terjadinya sakit kepala dan infeksi penyakit lain.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.