Hindari Kebiasaan Sering Bergadang

Baca Juga

Ada beberapa alasan orang untuk tetap melek sampai larut malam atau bahkan sampai pagi. Biasanya karena pekerjaan yang harus diselesaikan, menonton film, berkumpul bersama teman-teman atau bahkan sekedar untuk main game. Pola hidup sering bergadang, ternyata tidak baik untuk kesehatan kita, karena Kurang tidur / sering bergadang tak hanya bisa merusak sel otak, melainkan juga memicu banyaknya masalah kesehatan

kalautau.com - Kebiasaan Sering Bergadang

Penyebab Anda Sering Bergadang

  1. Salah satu bahaya kopi adalah sulit tidur malam harinya.
  2. Maag dan asam lambung. Kedua penyakit ini dapat membuat anda sulit tidur.
  3. Stress. Masalah yang menumpuk di pikiran sangat penting untuk diatasi.
  4. Tidur siang terlalu lama.
  5. Asik nonton bola
  6. Ketagihan bermain game
  7. Pekerjaan menumpuk
  8. Penyakit lain seperti insomnia, stroke, kelainan syaraf, dan aneurisma dapat menyebabkan sulit tidur
kalautau.com - Penyebab Anda Sering Bergadang

Akibat Sering Bergadang

Lemas / kurang Semangat

Karena terlalu sering begadang dan kurang istirahat,maka energy tubuh akan terkuras. Akibatnya anda akan merasa lemas dan kurang semangat di siang harinya.

Masuk Angin

Akibat dari begadang juga dapat menyebabkan masuk angin. Tubuh yang seharusnya istirahat tapi masih dipaksa untuk tetap aktif, ditambah lagi biasanya saat begadang orang akan mengkonsumsi cemilan yang tidak sehat dan minum kopi. Inilah yang membuat perut kembung dan masuk angin.

Menjadi Pelupa

Sebuah study yang dilakukan di Perancis dan Amerika menemukan bahwa “sharp wave ripples” atau peristiwa otak bertanggung jawab dalam menguatkan memori otak, dan mentransfer data yang ada dari hipokampus menuju ke neokorteks yang ada di otak, dimana semua kenangan jangka panjang tersimpan. Sharp wave ripples tersebut pada umumnya terjadi disaat tidur. Itu sebabnya, mereka yang seringkali tidur larut malam pada masa tertentu akan menjadi pelupa.

Berdampak Pada Kesehatan Kulit

Tidak hanya mata yang cekung, mereka yang kurang tidur juga akan terlihat pucat, dengan kulit yang kusam, disertai garis-garis halus pada kulit wajah. Hal ini disebabkan karena pada saat kurang tidur, tubuh akan lebih banyak melepaskan hormon kortisol atau hormon stress. Padahal hormon kortisol dalam jumlah yang berlebihan dapat memecahkan kolagen kulit, sementara fungsi dari kolagen itu sendiri untuk menjaga kehalusan kulit dan untuk membuat kulit tetap elastis.

Melemahkan sistem imun

Dengan terjaga sampai larut malam, tubuh akan menghancurkan sel-sel darah putih atau leukosit yang berguna sebagai sistem kekebalan tubuh. Dengan berkurangnya leukosit dalam darah, tubuh pun akan rentan terhadap gejala penyakit dan infeksi.

kalautau.com - Akibat Sering Bergadang

Tips Tidur Tepat Waktu

Kapan tidur tepat waktu ? tentu minimal 8 jam bagi anda yang masih berusia produktif, tipsnya
  1. Jangan konsumsi minuman berkafein terlalu banyak
  2. Olahraga
  3. Jangan makan terlalu larut
  4. Tidak tidur siang
  5. Konsumsi makanan kaya serat di sore hari.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.